Hino R260 Bus Berbodi Aluminium Yang Lebih Ringan Dari Bus Biasa

16 November 2021
Benny Averdi
 
Pada GIIAS 2021, Hino Indonesia, menampilkan bus Hino R260 yang dibuat dengan bodi aluminium dari karoseri Tentrem.
 

Pengunjung Hall 7 di GIIAS 2021, dapat melihat bus terkini yang dibuat oleh karoseri Tentrem. Menggunakan sasis Hino R260, karoseri asal Malang, Jawa Timur itu memakai bahan alumunium sebagai bodi bus yang ringan. Diklaim beratnya lebih enteng setengah ton (500 kg) dibandingkan bus pada umumnya. Tentunya, akan membuatnya irit bahan bakar dan pemakain ban yang lebih awet.

Desain yang dinamakan Avante H7 AB itu, tampak modern dengan tampilan double glass namun berkesan simpel dan dinamis. Rancangan bus ini, juga mendukung program pemerintah dengan menargetkan Zero Over-Dimension Over-Load (ODOL). Bodi Avante H7  AB ini, juga telah lolos uji Proven Roll Over Test UN ECE R66, yang mengevaluasi efek pada keseimbangan kendaraan di kondisi tabrakan atau gerakan melengkung tiba-tiba yang dihasilkan karena pusat gravitasinya tinggi atau kendaraan terlalu berat.

Bus ini, memiliki pusat gravitasi terendah di kelasnya, menurut hasil pengujian tersebut.

Cukup menarik, bus yang dihadirkan di GIIAS 2021 ini, memiliki konsep interior dengan desain tempat duduk kombinasi untuk keluarga dan penumpang VVIP.Kualitas udara dalam kabin, juga dijaga dengan Air Purifier Cabin System, yang diklaim mampu mengurangi jumlah bakteri dan virus di udara.

Hal lain yang menarik, bus ini tak lagi mengandalkan cermin pada spion luarnya. Tetapi sudah menggunakan kamera dan juga menjadikannya monitor bagi pengemudi untuk melihat bus dalam sudut 360 derajat. Sehingga kondisi sekitar bus bisa dilihat melalui monitor di dasbor.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait