Hyundai Luncurkan Bus Listrik County Electric Dengan Daya Jelajah 250 km

29 June 2020
Suryo S
 
Bus ini dilengkapi dengan suara virtual sebagai salah satu fitur keselamatan.
 

Bus listrik semakin menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern, salah satunya hadir dari Hyundai Motor Company yang menyodorkan County Electric, sebuah bus listrik untuk pasar Korea Selatan.

County Electric ini memiliki panjang 7,71 meter ini dibekali dengan baterai lithium-ion-polymer 128 kWh. Dengan kapasitas tersebut, bus ini mampu dikendarai hingga 250 km untuk sekali pengisian penuh.

Dikutip dari automotiveworld.com, untuk dapat mengisi penuh baterainya, County Electric dapat diisi dengan sistem combo 1 DC standar (150kW) dengan waktu 72 menit. Sementara jika mengandalkan pengecasan di rumah (220V) butuh waktu hingga 17 jam.

Tak hanya ramah lingkungan dan ekonomis, bus ini pun mampu memberikan akselerasi yang lebih kuat hingga 30% dibandingkan dengan model dieselnya. Selain itu sistem rem udara-hidrolik yang diatur secara elektronik, menjadi standar yang menghasilkan pengereman yang lebih kuat dan presisi.

Sebagai bus modern yang dirancang untuk ramah dengan penumpangnya, maka bus yang mampu diatur jumlah bangkunya mulai dari 15 hingga 33 tempat duduk ini dilengkapi berbagai sensor salah satunya adalah sensor ultrasonic yang dapat mencegah pintunya menutup saat terjadi naik-turun penumpang.

Sensor juga memicu alarm ketika bagian tubuh terjebak di pintu dan secara otomatis membuka pintu untuk mencegah cedera. Sensor ultrasonik juga terhubung ke pedal akselerasi bus, yang mencegah bus bergerak maju dari halte ketika pergerakan penumpang terdeteksi.

Walaupun berwujud bus elektrik, namun County Electric bukanlah bus yang senyap di jalanan. Hyundai sengaja melengkapinya dengan suara virtual sebagai salah satu fitur keselamatannya. Tujuannya agar pengguna jalan lain mengetahui tentang kehadiran bus tersebut.

 

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait