Karoseri Laksana Hadirkan Bus 'Social Distancing', Inovasi Kala Pandemi

05 July 2020
ILM
 
Setelah sebelumnya diterapkan oleh karoseri asal Brazil dan Filipina, kini giliran Indonesia yang menerapkan pengaturan seat 1-1-1.
 

Pandemi corona membuat banyak karoseri bus melakukan inovasi untuk menekan penyebaran virus tersebut. Caranya mulai dari menghadirkan sekat di pengemudi, hingga pengaturan jarak antar seat.

Setelah sebelumnya diterapkan oleh karoseri asal Brazil dan Filipina, kini giliran Indonesia yang menerapkan pengaturan seat 1-1-1. Adalah karoseri Laksana yang menghadirkan formasi seat dengan dua lorong tersebut. Bus standar yang ada di Indonesia selama ini hanya memakai sistem satu lorong, dengan kombinasi seat 1-2, 2-2 atau 2-3.

Inovasi terbaru tersebut diaplikasikan pada bus milik PO Sumber Alam yang bermarkas di Kebumen, Jawa Tengah. Pengaturan itu, membuat para penumpang memiliki jarak yang lebih jauh dibandingkan formasi seat standar.

Selain jok, agar penumpang makin nyaman, sistem semburan AC juga dimodifikasi. Sehingga penumpang di bagian tengah juga mendapatkan hembusan udara dingin.

Nah yang menarik, dari sektor eksterior, bus berkelir kombinasi biru dan abu-abu ini mengandalkan seri Legacy SR-2 model lawas, yang tak menggunakan kaca tumpuk di bagian depan. Ini permintaan Sumber Alam yang ingin tampil berbeda dengan tren desain saat ini.

 

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait