Karoseri Tentrem Mulai Road Test Bodi Avante H8X, Tanpa Double Glass

25 November 2020
ILM
 
Sasisnya menggunakan Mercedes-Benz OH 1626 dengan suspensi udara.
 

Seperti teaser yang disebarnya beberapa waktu lalu, karoseri Tentrem asal Malang dikabarkan tengah menyiapkan big bus model single glass. Hal ini seolah jadi penantang trend kaca tumpuk atau double glass yang marak saat ini.

Hari Selasa (24/11) lalu, Tentrem mengumumkan tengah menguji jalan unit tersebut. Seperti bocoran sebelumnya, bus tersebut merupakan kepunyaan PT Sabar Subur Jaya Sentosa sebagai pemilik PO Sabar Subur.

Sasis yang digunakan Mercedes-Benz OH 1626 yang sudah dilengkapi suspensi udara. Serta bagasi luas tipe space frame. Hal tersebut memungkinkan jika bagasi dibuat rata tanpa tonjolan sasis dan pintunya bisa saling tembus dari sisi kanan ke kiri.

Dari luar, sosok Avante H8X tetap jangkung dengan tinggi 3,8 meter. Tinggi tersebut sama dengan bodi Avante H8 yang berkaca double. Namun perbedaan langsung terlihat signifikan berkat kaca single glass di depan.

Pun demikian dengan bagian sisinya. Karena Avante H8X hadir tanpa 'selendang' yang biasanya hadir sebagai pembatas bodi dan pilar A. Sebagai gantinya ada panel bodi di kedua sisi, mirip bodi bus Tentrem lainnya, Max HDD.

Sesuai permintaan Sabar Subur, nuansa barna biru tua dengan kombinasi emas dilabur pada bus ini. Sedangkan bagian lampu-lampunya tetap mempertahankan milik Avante Series termasuk seinnya yang model running turning sign ala Lexus.

Masuk ke dalam kabin, terdapat fitur AC dan toilet, seat 2-2. Sayangnya bagasi atasnya masih tanpa cover. Seat juga belum dilengkapi leg rest dan foot rest.

Toh demikian tidak mengurangi kemewahannya berkat panel krom di dasbor, dikombinasi aksen black piano. Serta yang istimewa adalah pandangan ke depan luas tanpa tersekat panel double glass.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait