Kisah Karoseri Adi Putro (1): Bermula dari Bengkel Modifikasi Pick Up, Kini Jadi Trendsetter Bus di Indonesia.

06 January 2020
ZCH1708
 
Model-model bus terbaru buatan karoseri dengan workshop di Singosari, Malang, ini selalu menjadi inspirasi bagi industri karoseri bus lainnya di Indonesia.
 

Karoseri Adi Putro kini dikenal sebagai karoseri bus paling fenomenal di Indonesia. Selain produk karoserinya yang konsisten dalam desain, model-model bus buatan karoseri yang memiliki workshop di Singosari, Malang, ini juga selalu menjadi trend setter bagi industri karoseri bus lainnya di Indonesia.

Itu sebabnya, pesanan bus baru, baik bus besar maupun bus medium bahkan microbus 4 ban dari pengusaha transportasi, terus mengalir ke Karoseri Adi Putro. Bahkan, pada bulan-bulan tertentu, seperti beberapa bulan menjelang mudik Idul Fitri dan menjelang liburan akhir tahun, pesanan bus baru ke karoseri ini membludak dan pengusaha bus harus rela inden. 

Pengecatan oven untuk Suzuki Carry dan Mitsubishi L300 

Tapi tidak banyak yang tahu riwayat karoseri ini seperti apa awalnya. Karoseri Adi Putro dirintis oleh beberapa orang dari keluarga David Jethrokusumo bersaudara, saat mereka bekerja di sebuah dealer mobil. Mereka melihat ada peluang besar ketika permintaan sektor transportasi terhadap kendaraan niaga berkaroseri yang sangat tinggi di Indonesia di era 1970-an.  

Pembuatan rangka bodi berbahan baja galvanis 

Seperti dilansir video Youtube 'Karoseri Adi Putro Melihat Pembuatan Jetbus' yang diunggah Diaz Transportasi, 31 Desember 2020, awal mulanya, mereka merintis usaha dengan memodifikasi kendaraan niaga kecil jenis pick up menjadi kendaraan penumpang. Mendapat respons positif dari masyarakat, mereka kemudian merintis pendirian industri karoseri dalam skala kecil di tahun 1973.

Dua tahun lamanya, bengkel karoseri kecil ini memproduksi kendaraan minibus. Kemudian, memasuki tahun 1975, mereka resmi mendirikan industri karoseri dengan bendera Adi Putro di Malang. Berdasar catatan kami, kendaraan yang dirakit dan menjadi produk fenomenal di era 1980-an dan 1990an antara lain adalah Suzuki Carry Extra 1000 minibus. Karoseri ini juga merakit Mitsubishi L300 minibus yang produknya antara lain digunakan oleh berbagai perusahaan angkutan travel seperti Rosalia Indah.

Karoseri Adi Putro kemudian memberanikan diri memproduksi bus medium dan bus besar di tahun 1990-an. Adi Putro dipercaya merakit chassis bus dari beberapa agen pemegang merk seperti Mercedes-Benz dan Hino.

Dalam beberapa kali kesempatan, Adi Putro mengikuti pameran kendaraan yang diselenggarakan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), yang berlangsung di JCC Senayan dan Parkir Timur Senayan di era 1990-an. Bus-bus yang ditampilkan saat itu menggunakan chassis Mercedes-Benz, bekerja sama dengan Daimler. Sejak saat itu, Karoseri Adi Putro makin dikenal luas masyarakat.

 

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait