Kota Bengaluru India Mulai Coba Bus Kota Listrik

27 October 2020
ILM
 
E-bus AC sepanjang 12 meter disediakan oleh perusahaan Olectra yang berbasis di Hyderabad, India.
 

Bus-bus kota bertenaga listrik mulai diuji di berbagai kota dunia. Tak terkecuali Bengaluru (Bangalore) di India.

Seperti dilakukan Bangalore Metropolitan Transport Corporation (BMTC) pekan lalu memulai uji coba bus listrik di kota itu. E-bus AC sepanjang 12 meter disediakan oleh perusahaan Olectra yang berbasis di Hyderabad, India.

Pengujian ini tertunda cukup lama. Yakni sekitar enam tahun karena masalah operasi dan keuangan. Pengujiannya unik, karena bus diisi dengan karung pasir sebagai pengganti penumpang ke berbagai rute di Bengaluru.

“Hasil dari ini akan membantu kami menyelesaikan dan mengoptimalkan pengoperasian bus listrik di kota,” kata Direktur Pelaksana BMTC C Shikha dilansir Indian Express.

Rencananya bus Olectra akan melintasi jalan-jalan utama kota tersebut. Termasuk Mathikere, Nandini Layout, Nelamangala, Vidyaranyapura, Kadugodi, Sarjapura, Bandara Internasional Kempegowda, dan Bannerghatta.

Olectra yang berbasis bus BYD ini mampu menempuh jarak 200-250 kilometer dalam sekali pengisian dengan AC menyala dalam kondisi lalu lintas kota. Dengan 35 tempat duduk (termasuk pengemudi), bus dapat beroperasi dengan muatan konsisten 100-125 orang.

Pemerintah negara bagian telah mengarahkan BMTC untuk menyiapkan rencana aksi sewa 300 e-bus dengan skema Faster Adoption and Manufacturing of Hybrid and Electric Vehicles in India (FAME) -II dari pemerintah pusat.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait