Mercedes-Benz OF 917 4x2: ‘Kuda Hitam’ Di Rute AKDP

29 April 2024
Erie W. Adji
 
Bisa ‘bersaing’ dengan sasis big bus
 

Dalam dunia operator bus rute berjadwal Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), soal efisiensi operasional dan daya angkut penumpang (serta barang) menjadi dua hal yang krusial. Karakter saat bus dijalankan maka setiap bus menghadapi soal padatnya kegiatan ‘stop and go’ serta penumpang yang silih berganti naik turun.

Kalau sudah begitu, bus ukuran medium menjadi pilihan utama dari para pengusaha bus yang menginginkan perimbangan terbaik atas efisiensi operasional dan tingkat okupansi penumpang. Hal yang sama juga berlaku bagi operator bus segmen non reguler alias buat kebutuhan charter. Dan hal yang mengemuka akir-akhir ini adalah soal semakin diliriknya bus ukuran medium.

Tidak heran kalau di segmen ini termasuk sengit persaingan antar produknya. Setidaknya ada tiga kampiun yang bertarung; Mercedes-Benz dengan OF 917, kemudian ada Isuzu FRR 190, dan Hino FC 190.

Untuk lebih meningkatkan unsur kompetitif, OF 917 menyodorkan potensi aplikasi sasis yang bisa dipasangkan bodi yang punya kapasitas angkut penumpang hingga 39 penumpang (varian sasis panjang, Red). Menjadi ‘tipis’ perbandingannya dengan versi big bus-nya, OT 1623 yang umumnya akan bisa menampung 45-50 penumpang secara nyaman.

“Kami meyakini bahwa OF 917 akan kompetitif dengan sasis bus yang dimensinya di atas ukuran Of 917, sesuai dengan pemakaian untuk ‘AKDP’ maupun armada Pariwisata dengan kegiatan operasional 2-3 jam sekali jalan,” ungkap Faustina, Head of Product Management and Marketing DCVI.

Ditemui saat ajang GIICOMVEC 2024 beberapa waktu lalu (7-10/3), Faustina menyebutkan juga bahwa saat diaplikasi dengan bodi akan menyediakan lebar kabin lebih lapang dibandingkan kompetitornya. “Dari segi harga, juga kompetitif,” imbuh Faustina.

Berdasarkan laman e-katalog.lkpp.go.id, satu unit OF 917 (5300) dihargai Rp1,7 miliar (on-the road).

Naeem Hassim, President Director DCVI, juga ditemui saat agelaran GIICOMVEC 2024 menyebutkan bahwa soal harga kendaraan komersiala Mercedes-Benz memang menjadi pertimbangan bagi konsumen.

“Namun saya percaya bahwa dengan harga yang ada, konsumen bisa mendapatkan produk dengan Unique Selling Point terbaik di segmennya. Karena setidaknya ada dua hal yang menjadi faktor unggulan; pertama soal safety, dan hal yang kedua adalah mutu produk,” jabar Naeem lagi.

Opsi transmisi; manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan

Mesin baru lebih bertenaga

Penyempurnaan mesin agar lebih bertenaga

Dari sisi spesifikasi, mesin yang digendong OF 917 berkapasitas 3.900 cc turbo diesel dengan supercharger. Diklaim bisa mengeluarkan daya puncak sampai 170 daya kuda (2.500 rpm), torsi puncaknya 520 Nm (1.500-2.000 rpm).

Ada dua varian sasis yang disodorkan, yaitu sasis panjang dan pendek (bisa dipasangkan bodi dengan daya angkut 35 orang).

Pada versi terbaru yang dilihat dari dekat beberapa waktu lalu (25/4), mesinnya sudah mengadopsi fitur terbaru berupa cylinder head, rocker arm, dan camshaft yang telah disempurnakan. Hal ini menepis anggapan bahwa OF 917 ‘kurang bertenaga’ saat dikendarai.

Soal safety diwakili aplikasi sistem pengereman full air brake sebagai fitur standar dan juga fitur slack adjuster untuk pengaturan kampas rem secara otomatis.

Kelincahan bermanuver bisa disimak dari potensi radius putar 9.700 mm. Ditopang paket suspensi parabolic springs 2 double acting shock absorber dan stabilizer pada roda depan dan belakang.

Baca juga: Mau Beli Bus Baru Mercy? Ini Panduannya…

Baca juga: Begini Cara Baca Kode OH, OF, dan OC Pada Bus Mercy

Dua pilihan sasis; 8.606 mm dan 7.447 mm

Bisa dipasangkan bodi dengan daya angkut 39 penumpang

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait