Naik Bus Jakarta-Aceh Bisa Berhari-hari di Jalanan, Berani Coba?

09 August 2020
ILM
 
Seperti bus PT Putra Pelangi asal Aceh yang memiliki rute Jakarta-Banda Aceh via Medan ini. Rute yang ditempuh tak tanggung, 2.551 km.
 

Sejak hadirnya penerbangan murah di Indonesia, bus-bus antarkota antarprovinsi dengan rute jarak jauh mulai menghilang. Namun masih ada beberapa perusahaan otobus (PO) yang memiliki rute jarak jauh karena masih memiliki banyak pelanggan.

Seperti bus PT Putra Pelangi asal Aceh yang memiliki rute Jakarta-Banda Aceh via Medan ini. Rute yang ditempuh tak tanggung, 2.551 km.

Ini bahkan lebih jauh dari rute antarnegara di Eropa. Seperti dari Paris di Prancis ke Wina, Austria lewat Jerman yang hanya berjarak setengahnya, yakni 1.237 km saja.

Perjalan ke Aceh dari Jakarta, bus melalui Lampung, kemudian menuju Palembang, Jambi, Pangkalan Kerinci, Pekanbaru, Kisaran dan Medan. Lalu bus akan berjalan ke Banda Aceh untuk mengakhiri perjalanan.

Bus yang dipakai oleh Putra Pelangi rata-rata keluaran Mercedes-Benz dengan mesin belakang. Seperti versi OH 1526 atau OH 1626. Seperti bus berbodi Luxobuss dari karoseri Restu Ibu Pusaka, Bogor, pada gambar di atas.

Fasilitasnya kabin AC dengan toilet dan seat 2-2. Armada ini juga dilengkapi tameng pelindung kaca depan. Tujuannya untuk menghindari lemparan batu dari orang tak bertanggung jawab yang akan membahayakan penumpang bus.

Lama perjalanan sendiri sekitar 55 jam. Namun jika ada kondisi tak terduga, seperti pecah ban atau hal lainnya, maka perjalanan bisa lebih lama, bahkan bisa hingga empat hari tiga malam.

Dengan perjalanan yang bakal 'memuaskan' hasrat Anda untuk nge-bus, tiket yang ditawarkan Putra Pelangi mencapai Rp 700 ribu. Dan ingat, trayek bus ke Sumatra tak menyediakan servis makan gratis dan snack. Jadi siapkan dana lebih untuk hal tersebut.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait