Rayakan Ultah Ibukota Transjakarta Kedatangan Bus Baru, Bernuansa New Normal

22 June 2020
ILM
 
Bus anyar ini menggunakan sasis tipe tronton Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 6x2. Sedangkan bodinya digarap oleh karoseri Nusantara Gemilang asal Kudus, Jawa Tengah.
 

Tanggal 22 Juni merupakan ulang tahun ibukota Jakarta. Salah satu cara merayakan hari jadi Jakarta ke-493 tersebut coba dihadirkan oleh Transjakarta dengan bus baru.

Dikutip via akun Twitter Busway Fans Club, bus anyar ini menggunakan sasis tipe tronton (dua as roda belakang) Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 6x2. Sedangkan bodinya digarap oleh karoseri Nusantara Gemilang asal Kudus, Jawa Tengah.

Nuansa new normal yang tengah terjadi saat ini akibat virus corona diwakili dengan grafis bertuliskan Pelopor Protokol Kesehatan Transportasi di sisi kiri buritan bus. Sementara bagian kanannya terdapat logo perayaan ulang tahun ke-493 kota Jakarta. Lengkap dengan jargon Jakarta Tangguh.

Menilik sasisnya, Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 6x2 bukanlah produk yang benar-benar baru. Pasalnya, sasis ini sudah banyak diaplikasi sebagai armada bus antar kota, maupun wisata. Termasuk bus tingkat. Sasis ini bersaing dengan Scania K410iB dan Volvo B11R.

Sementara karoseri Nusantara Gemilang dikenal sebagai pionir pengguna bahan almunium pada bodi bus mereka. Selain kerap mengerjakan bus Transjakarta, karoseri ini juga pernah menghasilkan bus tingkat wisata.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait