Tak Lama Lagi Bus Listrik Makin Ramai Beroperasi Di Indonesia

25 May 2021
ILM
 
Transjakarta, Damri, Angkutan Bandara didorong untuk menggunakan bus dengan tenaga listrik. Serta penggunaan bus listrik melalui Program Buy The Service (BTS) di beberapa kota.
 

Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan Road Map dalam rangka mendukung percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Hal tersebut termasuk percepatan penggunaan bus listrik sebagai transportasi umum di dalam kota.

“Road Map ini telah kami koordinasikan dengan Kemkomarvest. Minggu depan akan kita presentasikan dalam satu diskusi yang lebih detail, sehingga bisa dijadikan pedoman atau patokan bagi stakeholder terkait,” ucap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam rilis resminya (19/5).

Salah satu regulasinya mendorong angkutan umum seperti: Transjakarta, Damri, Angkutan Bandara untuk menggunakan bus dengan tenaga listrik. Serta mendorong penggunaan bus listrik melalui Program Buy The Service (BTS) di beberapa kota.

Selain itu, Kemenhub juga tengah menyiapkan sejumlah langkah diantaranya yaitu: merencanakan penggunaan KBLBB sebagai kendaraan operasional pada 3 (tiga) Kota Percontohan di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali.

Seperti diketahui, sejak beberapa tahun terakhir, bus listrik kerap diuji di Indonesia. Baik bus impor seperti BYD, Skywell dan Higer. Hingga bus listrik merek dalam negeri seperti INKA dan MAB.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait