Tengok Detail Bus Mercy OF 1623 PO Harapan Jaya dan Akas

27 July 2020
ILM
 
Meski sama-sama dioperasikan sebagai armada antarkota dalam provinsi, namun ada beberapa perbedaan yang disematkan masing-masing PO untuk bus mereka. Seperti apa?
 

Bus Mercedes-Benz OF 1623 tengah naik daun dengan maraknya pesanan dari perusahaan otobus di Jawa Timur. Ada dua PO besar yang memesan puluhan unit OF 1623, yakni Harapan Jaya dan Akas.

Meski sama-sama dioperasikan sebagai armada antarkota dalam provinsi, namun ada beberapa perbedaan yang disematkan masing-masing PO untuk bus mereka. Seperti apa?

Paling terlihat ada di sektor bodi. PO Akas asal Probolinggo memilih bodi Discovery DC03 dari karoseri Laksana. Hal ini membuat bus ini didapuk sebagai OF 1623 pertama berbodi Discovery DC03.

Dari luar, tampilan bus gagah meski coba mendobrak trend dengan kaca depan model tunggal. Bukan model double glass tumpuk yang tengah digandrungi bus-bus di Indonesia saat ini. Di belakang, desainnya persis bus Legacy SR-2 dengan bentuk stoplamp dan kisi-kisi bagasi yang mirip.

Dari dalam, lampu kabin LED dengan nuansa mewah turut hadir. Fitur ini disebut pihak karoseri Laksana sebagai Lega Light. Di bagian belakang pun disediakan sekat smoking room.

Sayangnya sampai saat sesi pengecekan di dealer MB Hartono Raya Surabaya, unit ini belum dipasangi jok. Yang jelas, sebagai armada AC Tarif Biasa (AC Ekonomi) nantinya akan berkonfigurasi seat 2-3.

Beralih ke bus Harapan Jaya. PO asal Madiun ini memesan OF 1623 dengan balutan bodi Max HDD dari karoseri Tentrem.

Eksteriornya berkesan agresif terlihat dari headlamp LED bersudut tajam dan gril besarnya. Bodi bus ini juga mengikuti trend kekinian dengan kaca model double glass tumpuk di bagian depan. Dari belakang, ada stoplamp desain memanjang dengan pintu bagasi rata minus kisi-kisi.

Sementara interiornya dibekali seat 2-3 berbalut bahan semi kulit warna hitam-merah. Sama seperti bus Akas, di bagian belakang bus ini juga dilengkapi sekat sebagai fasilitas smoking room bagi penumpang.

Sebagai catatan, big bus mesin depan boleh jadi tak seramai versi mesin belakangnya saat ini. Hal ini bisa dilihat dari pilihan sasisnya yang hanya diisi oleh Hino AK215 dan Mercedes-Benz OF 1623.

Keunggulan dari sisi harga yang lebih murah dan konsumsi BBM irit menjadi pertimbangan PO untuk meminang bus mesin depan. Terutama sebagai armada antarkota dalam provinsi (AKDP) jarak dekat dan menengah.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait