Yuk, Kenali Operator Bus Tingkat AKAP Pertama Di Sumatra, Jawa Dan Sulawesi

26 July 2021
ILM
 
Operator bus tingkat tersebar di beberapa pulau, mulai Sumatra, Jawa dan Sulawesi. Lalu siapa saja perintis penggunaan bus tingkat di ketiga pulau tersebut?
 

Sejak kehadiran sasis tronton, Mercedes-Benz OC500RF 2542 pada 2012 silam, makin banyak perusahaan otobus (PO) yang mengoperasikan bus tingkat untuk rute antarkota antarprovinsi.

Operator bus tingkat itu, tersebar di beberapa pulau, mulai Sumatra, Jawa dan Sulawesi. Lalu siapa saja perintis penggunaan bus tingkat di ketiga pulau tersebut? Yuk, kita ulas.

Pulau Sumatra

Dari kawasan barat Indonesia, tepatnya Pulau Sumatra operator pertama yang mengandalkan bus tingkat adalah PO Sempati Star. Perusahaan asal Aceh tersebut mulai menghadirkan armada bus tingkat pada tahun 2015 silam.

 

Saat itu, bus tingkat bersasis Mercedes-Benz OC500RF 2542 tersebut dibeli Sempati Star di ajang GIIAS 2015. Di mana bus tersebut merupakan produk demo dari karoseri Adi Putro dengan body Jetbus 2+ Double Decker.

Tercatat, Sempati Star merupakan pengguna bus tingkat untuk AKAP pertama di Indonesia. Bus tersebut dioperasikan ke berbagai rute, seperti Medan-Banda Aceh, Medan-Pekanbaru hingga yang paling jauh, Bandung-Banda Aceh.

Pulau Jawa

Pada Desember 2016, PO Putera Mulya memulai gebrakan dengan menghadirkan armada bus tingkat. Saat itu, Putera Mulya mengoperasikan bus tingkat untuk rute Jakarta-Wonogiri.

Ada yang menarik dari eksterior bus tingkat Putera Mulya yang bersasis Scania K410IB ini. Pasalnya meski dibangun oleh karoseri Adi Putro dengan basis Jetbus 2+ Double Decker, tetapi bus tersebut tidak dilengkapi dengan selendang seperti biasanya.

Pulau Sulawesi

Bukan saja di Sumatra dan Jawa, bus tingkat juga merambah ke kawasan timur Indonesia, tepatnya di Sulawesi. Bus tingkat pertama di sana, digunakan oleh PO Primadona.

Bus yang dirilis di tahun 2019 ini mengandalkan sasis Mercedes-Benz OC500RF 2542 dan diteruskan dengan unit Scania K410IB. Menariknya, bodi bus bukan digarap oleh karoseri Adi Putro seperti dua bus tingkat perdana di Jawa dan Sumatra, melainkan bodi Highlander SDD dari New Armada.

Sama seperti bus-bus Sulawesi lainnya, andalan PO Primadona ini juga tidak dilengkapi dengan toilet. Bus ini beroperasi di jurusan Makassar-Toraja, pergi pulang.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait