Ford F-150 Police Responder, Si Buas Penakluk Kriminal

06 July 2021
Benny Averdi
 
Kemampuan di segala medan, menjadi keunggulannya. Bahkan di jalan raya, sanggup menaklukkan kecepatan para pelanggar batas kecepatan.
 

Demi keperluan dinas, kepolisian Michigan dan Los Angeles bekerja sama dengan Ford Motor Company untuk mencoba mobil yang diandalkan untuk menegakkan hukum. Kendaraan itu harus bisa digunakan di berbagai medan, seperti di padang gurun untuk menangkap pengedar narkotika atau perdagangan manusia di daerah perbatasan, melintasi pegunungan yang terjal, serta mampu juga melaju kencang mengejar para pengebut di jalanan, pelanggar batas kecepatan.

Untuk mengujinya, pihak kepolisian tersebut membawanya melalui pengujian dinamika kendaraan yang ketat. Untuk mensimulasikan kondisi mengemudi pengejaran di dunia nyata, F-150 Police Responder dikendarai di trek yang berkelok-kelok dan melingkar selama 32 putaran, dengan maupun tanpa muatan seberat 200 kg. Selain itu diuji di jalur kota yang padat.

F-150 Police Responder telah ada sejak 2017 dan dirakit di Kansas City Assembly Plant di Claycomo, Missouri. Tujuan utamanya, memberikan penegakan hukum dengan cara yang lebih cepat untuk menanggapi kejahatan dan keadaan darurat. Seperti yang dicatat oleh Greg Ebel, manajer merek kendaraan polisi Ford, "Memangkas beberapa detik dalam waktu respons dapat membuat perbedaan besar." Dengan adanya Ford F-150 Police Rersponder 2021 ini, berarti Anda akan memiliki waktu yang jauh lebih sulit untuk melarikan diri.

 

Sebab, pabrikan berlambang Blue Oval itu sudah menerapkan teknologi baru seperti 4-Auto Mode, yang menyediakan torsi sesuai permintaan melalui kopling yang digerakkan secara elektrik untuk menyesuaikan output torsi tergantung pada medan.

Seperti dilansir musclecarandtruck, Allen Magolan, manajer integrasi kendaraan polisi Ford, mengatakan bahwa 4-Auto Mode menjembatani kesenjangan antara mode mengemudi 2-H (penggerak dua roda di kecepatan tinggi) dan 4-H (penggerak empat roda di kecepatan tinggi) dan membantu pengemudi mempertahankan kecepatan saat menikung.

F-150 Police Responder menggunakan mesin EcoBoost, berkonfigurasi V6, dan berkapasitas 3.500 cc dengan daya maksimum 400 HP dan torsi tertinggi 678 Nm. Mesin V6 twin-turbocharged yang digendongnya, membantu meroketkan truk dari berhenti hingga kecepatan 60 mph (97 kpj) dalam 5,4 detik. Itu artinya 1,2 detik lebih cepat dari model tahun lalu. Lantas, akselerasi dari 0-100 mph (161 kpj) diraih dalam 13,1 detik, secara substansial lebih cepat versi sebelumnya yang 16,8 detik. Ia juga memiliki kecepatan tertinggi 120 mph (193 kpj).

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait