VW Mitra : KBNS Berpenggerak Roda Depan Dan Berpendingin Udara

09 April 2020
Suryo S
 
VW Mitra merupakan satu-satunya KBNS berpenggerak roda depan di Indonesia
 

Program Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS) yang dicanangkan pemerintah Indonesia salah satunya melahirkan produk yang digawangi oleh Volkswagen. Sosok ini dikenal sebagai VW Mitra yang hadir pada tahun 1974.

Hadirnya VW Mitra tak lepas dari kolaborasi antara PT Garuda Mataram Motor (GMM) dan PT Pindad. Di mana PT GMM merupakan pemegang merek VW di Indonesia yang memasok mesin, drivetrain dan body shell. Sedangkan Pindad memasok sasis.

Keberadaan Mitra tak lepas dari VW sebagai prinsipal. Proyek ini menggunakan landasan VE EA 489 basis Transporter, yang menjadi racikan dasar dari kendaraan komersial yang dicanangkan oleh markas VW di Jerman. Sesuai dengan namanya, platform ini bisa diaplikasikan menjadi kendaraan niaga yang fleksibel berbagai bentuk pengakplikasian.

Umumnya Mitra dijajakan dalam bentuk model tidak utuh dan mengandalkan kerjasama dengan karoseri untuk memenuhi kebutuhan model kabin belakangnya.

Menggunakan mesin 4 silinder OHV boxer berpendingin udara 1.600 cc, menjadikan Mitra  sebagai KBNS dengan volume mesin terbesar saat itu, namun hanya menelurkan daya 45 hp dan torsi 98 Nm. Namun hebatnya VW Mitra diklaim punya daya angkut 1 ton. Perlu dicatat, bahwa Mitra merupakan kendaraan dengan konstruksi body on frame alias menggunakan sasis utuh.

Dibandingkan dengan rekan-rekannya, Mitra punya layout yang kurang lazim, yakni menempatkan mesin yang sama dengan yang digunakan pada VW Transporter 2  tersebut di depan dan hal ini membuat penggerak rodanya pun di depan.

Sayang, upaya VW ini tidak bertahan lama. Pada 1978, PT GMM dinyatakan pailit yang mengakibatkan berhentinya produksi Mitra.

Dari sisi produksi, produk ini tidak bisa dikatakan menggembirakan, karena dalam rentang 4 tahun masa edarnya hanya berhasil dibuat sebanyak kurang dari 900 unit saja. Sebagian besar produknya digunakan oleh badan pemerintah, salah satunya dipakai sebagai kendaraan operasional Pemilu 1977.

VW Mitra digunakan sebagai kendaraaan operasional Pemilu 77
 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait