Dump Truck : Tulang Punggung Infrastruktur Yang Lahir Di Masa Perang

08 February 2020
Suryo S
 
Dump truck mulai dilirik saat Perang Dunia I meletus dan menjadi salah satu kendaraan supporter pembangunan infrastruktur pasca-Perang Dunia II
 

Sosok dump truck cukup menonjol dengan mekanikal pada baknya, di mana bak dapat dijungkit sehingga muatan dapat dapat dipindahkan seketika. Pekerjaan pun menjadi lebih praktis dan singkat.

Mekanisme bak pada dump truk ini ternyata punya sejarah panjang. Konon pertama kalinya diperkenalkan oleh Thornycroft dari sebuah daerah pertanian di Eropa Barat pada akhir abad 19. Saat itu Thornycroft menggembangkan kereta uap yang ditambahkan mekanisme jungkit.

Sedangkan dump truk dengan mesin, pertama hadir di Amerika Serikat yang dikembangkan oleh perusahaan perkakas dan peralatan kecil seperti The Fruehauf Trailer Corporation, Galion Buggy Co. dan Lauth-Juergens sekitar tahun 1910. Sedangkan mekanikal dengan menggunakan hidraulis diperkenalkan oleh Wood Hoist Co., tak lama setelah itu.

Perusahaan-perusahaan tersebut berkembang terlebih saat Perang Dunia I meletus, di mana perusahaan seperti Fruehauf mendapatkan kontrak militer untuk memodifikasi kendaraan sebagai dukungan mobilisasi perang, untuk membuat kendaraan yang mampu memuat batu ataupun pasir dengan cepat.

Freuhauf menyempurnakan mekanikal hidraulis, untuk kemudian dipasang pada unit bikinannya dan hal itu sukses besar.

Dump truck semakin berkembang ketika Perang Dunia II usai, di mana keberadaannya dianggap perlu untuk membangun infrastruktur seusai perang.

Walaupun kemudian digunakan pada berbagai merk kendaraan dan truk, namun rancangan mekanikal hidraulis yang diwariskan oleh Fruehauf tetap digunakan, hingga dump truck modern.

Freughauf, menetapkan dasar mekanikal dump truck
 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait