Fuso eCanter ‘Sudah’ Beroperasi Di Seputaran Banten

08 October 2022
Erie W. Adji
 
Minat memakai truk listrik cukup tinggi
 

Usai tampil di GIIAS 2022, Fuso eCanter benar-benar sudah dijalankan dalam kegiatan operasional rutin. Seperti yang mulai dilakukan bersama PT Krama Yudha Tga Berlian Motors (KTB) dan PT Trimitra Trans Persada (B-Log) mulai bulan September lalu.

Ini merupakan kelanjutan dari uji perdana di seputaran pulau Bali yang sudah selesai di bulan Agustus 2022. Dan kali ini kegiatan yang resminya bertajuk "Proof of Concept”  (PoC) itu akan menguji eCanter pada rute operasional rutin perusahaan yang biasa menyambangi barisan gerai minimarket itu. Kali ini eCanter akan melintasi berbagai tujuan seputaran Tangerang dan Balaraja, keduanya di provinsi Banten.

“Kami mengapresiasi kerjasama mitra kami dalam PoC. Melalui mereka, KTB dapat memperoleh keyakinan bahwa eCanter dapat diterapkan dalam operasional sehari-hari di Indonesia. Tentu masih banyak hal yang harus kami pertimbangkan, tetapi saya bangga bahwa kegunaannya yang luar biasa melampaui ekspektasi awal mereka,” ujar Bayu Aprizal, General Manager Product Strategy PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (28/9).  

Melalui PoC, KTB bermaksud untuk mendapatkan masukan lebih lanjut dari konsumen. Sampai hari ini, diklaim begitu banyak konsumen yang menunjukkan minat mereka pada potensi kolaborasi dengan KTB dalam PoC ini, untuk menemukan cara untuk berkontribusi pada karbon netral.

Salah satu karakter dari truk listrik ini adalah tiadanya lagi opsi kopling saat perpindahan gigi. Torsi motor listriknya diklaim frekuensi stop-start selama kendaraan beroperasi bisa berjalan jauh lebih mulus. Fuso e-Canter ini sendiri termasuk unit yang makin popular di sejumlah wilayah seperti Jepang, Amerika Serikat, Eropa, maupun Australia.

Pembangkit dayanya motor listrik dan gearbox yang memiliki daya maksimum 135 Kw atau setara 184 PS dan torsi maksimum 390 Nm / 39.7 kgm. Diklaim, truk itu memiliki jarak tempuh smapai 100 kilometer dengan posisi baterei penuh. Untuk pengisian daya, e-Canter bisa di-charge menggunakan daya AC selama 9 jam atau metode pengisian daya cepat selama 1,5 jam.

Gendong enam baterei yang bisa pasok daya sampai 9 jam dengan fast charging 1,5 jam

Seluruh energi listrik tersimpan di baterai Lithium-ion berperforma tinggi. Setiap paket baterai lithium-ion berkinerja tinggi memiliki kapasitas 370V/13.5kWh. Ada enam paket baterai terpasang.

Fitur keselamatan yang tersedia antara lain fitur bantuan saat di tanjakan, anti-lock braking system, electronic stability program agar kendaraan tetap stabil, serta sistem lane departure warning untuk menjaga kendaraan tetap di jalur yang semestinya.

 

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait