International LoneStar, Truk Besar Berdesain Neo Classic

31 March 2020
Suryo S
 
Truk ini sudah beredar 12 tahun, namun tetap menjadi truk dengan penampilan paling unik di Amerika
 

Truk memang merupakan kendaraan komersial yang didesain dengan mengedepankan faktor utilitas dan fungsi. Keindahan dan desain kadang menjadi target nomor kesekian atau malah terabaikan.

Namun tidak semua demikian, ada beberapa trik yang justru memiliki konsep yang cukup kuat terutama dalam hal desain. Salah satunya adalah International LoneStar.

Truk yang mulai dijajakan sejak 2008 silam ini, punya desain yang tidak lazim dan boleh dikatakan merupakan percampuran desain futuristis dan klasik. Hal ini dapat dilihat dari desain bonnet lengkap dengan grill dan lampu utamanya yang cukup unik.

Walau bukan jenis yang paling laris di Amerika Utara, namun truk yang dijual dalam pilihan kabin day cab dan juga sleeper ini, masih saja menarik perhatian. Beberapa pihak menyebutnya sebagai Darth Vader Truck atau Alien Truck, karena keunikan desainnya.

Pilihan mesin diesel Cummins dan Maxxforce menjadi menu untuk ditempatkan di dalam ruang mesinnya. Demikian pula dengan transmisi yang hadir dalam pilihan transmisi manual dan otomatik.

Menurut data, mesin Cummins X15 mampu menyemburkan daya 605 hp dan torsi 2.779 Nm. Sedangkan lainnya, merupakan mesin bikinan Navistar Maxxforce 13, dengan kemampuan setor daya 475 hp dan torsi 2.304 Nm.

Hingga sekarang, sudah 12 tahun truk ini diproduksi, namun tidak ada perubahan desain yang cukup signifikan. Beberapa perubahan minor, hanyalah penggunaan LED pada lampu utama dan lampu belakang, pada 2015 silam.

Desain yang tak banyak berubah ini, adalah LoneStar Harley adalah hasil kolaborasi dengan Harley-Davidson. Beberapa elemen sepeda motor legenda dari Amerika itu masuk ke dalam rancangannya.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait