International Sightliner, Truk Langka Yang Bintangi Film Real Steel

11 June 2020
Suryo S
 
Truk ini tergolong tidak laku pada zamannya dan menjadikannya sebagai salah satu truk paling langka
 

Bagi Anda yang pernah menonton film Real Steel yang dibintangi oleh Hugh Jackman, salah satu yang langsung menyita perhatian adalah sosok truk unik yang dikendarai oleh Charlie Kenton sang pemeran utama. Sosok cabin over engine (COE) nampak unik dengan bentuknya yang aneh lengkap dengan sepasang jendela yang ditempatkan di depan dengkul pengemudi dan penumpangnya.

Mungkin orang bertanya bahwa truk aneh itu memang khusus dirancang dan dibuat untuk keperluan film yang dirilis 2011 silam. Hal itu tak 100 persen benar, namun juga tak sepenuhnya salah.

Pada dasarnya wujud truk ini benar-benar ada. Kehadirannya yang singkat, menyebabkannya sebagai truk yang sangat langka bahkan di Amerika Serikat yang jadi asal truk ini. Adalah International Harvester (IH) Sightliner ACO -195 lansiran 1960. Truk ini merupakan keluarga besar dari Sightliner yang dipasarkan antara 1957 hingga 1962 dan terdiri atas keluarga medium hingga heavy duty truck.

Jika sekilas diperhatikan truk ini merupakan produk gado-gado yang diambil dari beberapa produk IH lainnya. Kabinnya nampak serupa dengan IH AC 160 Series yang dipenggal moncongnya dan ditumpangkan pada landasan baru yang otomatis menjadikannya sebagai truk COE.

IH AC 160 Series

Kehadiran truk ini pun merupakan sebuah bentuk rekayasa untuk memangkas panjang keseluruhan truk dan erat hubungannya dengan jumlah muatan yang dapat diangkut. Seperti kita ketahui bahwa dibandingkan model truk konfensional (dengan hidung), COE diuntungkan dalam hal daya muat dengan dimensi yang lebih ringkas.

Balik ke Sightliner, kehadiran truk ini sepertinya tidak langsung bisa diterima oleh pasar saat itu. Posisi mengemudi yang tidak lazim dan kabin yang terlampau sempit menjadi masalah tersendiri. Kehadiran sepasang jendela yang fungsinya untuk menghilangkan blind spot di areal depan, justru jadi bumerang lantaran sering kali pecah karena terjangan batu dari jalanan.

Pada saat dipasarkan, Sightliner menggunakan pilihan mesin bensin 6 silinder Inline dan juga tersedia dengan pilihan mesin diesel 4 silinder dan 6 silinder. Sedangkan pada film Real Steel, truk ini telah mengalami penggantian mesin dengan 6 silinder turbo diesel bertenaga 270 hp lansiran tahun 2000 an.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait