Punya Banyak Kelebihan, Volvo Trucks Siapkan Produk Berbahan Bakar Gas

28 September 2020
ILM
 
Bahkan Volvo Trucks menyatakan dengan BBG jenis LNG (Liquified Natural Gas), emisi CO2 bisa ditekan hingga 100 persen.
 

Di Eropa, standar emisi kendaraan bermotor terbilang ketat. Untuk itu pabrikan di sana sudah berlomba menghadirkan kendaraan dengan sumber penggerak alternatif sebagai pengganti BBM. Salah satunya Volvo Trucks.

Pabrikan asal Swedia tersebut selain mengembangkan truk berpenggerak listrik, juga menyiapkan varian berbahan bakar gas. Bahkan Volvo Trucks menyatakan dengan BBG jenis LNG (Liquified Natural Gas), emisi CO2 bisa ditekan.

“Saat ini, truk berbahan bakar LNG adalah alternatif yang paling layak secara komersial untuk diesel biasa untuk operasi berat jarak jauh," kata Lars Mårtensson, Direktur Lingkungan dan Inovasi di Volvo Trucks.

Selain itu, pihak Volvo Trucks menyatakan jika ada sederet kelebihan dari BBG. Seperti ketersediaannya masih dalam jumlah yang cukup banyak dan harga yang bersaing.

Selain itu, secara tenaga, efisiensi energi yang dihasilkan truk BBG sebanding dengan mesin diesel. Tetapi menghasilkan emisi CO2 yang jauh lebih rendah.

Dari hasil uji coba truk Volvo FH LNG menggunakan biogas cair, juga dikenal sebagai Bio-LNG, mengurangi emisi bersih hingga 100 persen dari tangki ke roda (TTW). Sementara menggunakan gas alam mengurangi emisi sekitar 20 persen (TTW) dibandingkan dengan diesel standar Eropa biasa.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait