SIM Bus dan Truk Di Amerika Tidak Sama?

10 September 2022
Erie W. Adji
 
Butuh lisensi yang berbeda
 

Kalau sempat menyaksikan akun Supir Truk Amerika di kanal YouTube akan bisa dilhat bagaimana seorang berdarah Indonesia yang membawa truk melintasi rute-rute interstate di Negeri Pama Sam itu. Terlihat truk-truk bongsor dengan gandingan panjang serasa mudah dibawa melewati jalanan khas Amrik yang terkenal lebar dan panjang.Dibanyak akun lain juga banyak yang berisikan soal kegiatan mengemudi berbagai jenis truk maupun bus di Amerika Serikat.

Nah, hal yang sering di tanyakan adalah bagaimana cara jadi pengemudi kendaraan komersial di Amerika Serikat? Secara sederhana, sebelum bisa mengemudikan kendaraan umum di sana wajib punya CDL alias Commercial Driver’s License. Ini surat izin mengemudi yang diperlukan untuk mengoperasikan kendaraan bahan berbahaya yang besar, berat, atau berplakat untuk tujuan komersial di Amerika Serikat.

Untuk bisa memperoleh surat itu harus lulus tes tertulis, memerlukan tes keterampilan juga. Namun lisensi itu tidak bisa untuk angkut semua jenis barang, ada jenis barang-barang tertentu misalnya bahan kimia berbahaya yang butuh kecakapan tambahan da juga harus bersertifikat.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan CDL, seperti  harus berusia minimal 21 tahun (minimal 18 tahun untuk mengemudi jalur intrastate), punya identitas resmi dan ijin tinggal yang sah, surata keterangan lolos cek kesehatan, sampai sudah bisa mengemudikan kendaraan besar sesuai lisensinya.

Hal yang perlu diketahui, bahwa setiap jenis kendaraan komersial punya ‘SIM’ yang berbeda. Tidak seperti di Indonesia, contoh SIM B1 Umum, bisa dipakai untuk mengemudikan truk maupun bus.

Anda perlu mendapatkan Lisensi Kelas A jika ingin mengendarai jenis kendaraan dengan bobot lebih dari 26.000 pound atau setara 11.793 kilogram dan bisa bergandengan. Dan bobot gandingan minimal 10.00 ppund atau setara 4.535 kilogram. Dalam hal ini biasanya gandengan bisa berupa satu gandingan maupun dua gandingan.

Jika akan mengemudikan truk tanpa gandengan, ada lagi lisensinya yaitu dikenal sebagai Kelas B. Soal bobot kendaraan serupa regulasi kelas A yairu lebih dari 26.000 pound. hanya saja, jika kendaraan dilengkapi rem angin maka ada tambahan sertfikasi pelatihan soal itu.

Truk sampah butuh SIM yang beda lagi, SIM-nya kelas B

Berbeda lagi jika ingin mengemudikan bus. Lisensi Kelas C harus dipunya, dibutuhkan sebelum mengemudikan kendaraan yangbisa angkut 16 penumpang atau lebih. Termasuk juga untuk bisa bawa kendaraan yang berisi bahan-bahan berbahaya. Serupa dengan lisensi yang lain, akan nada jenis kendaraan tertentu yang butuh tambahan kejelasan kecakapan. Ambil contoh untuk mengemudikan bus sekolah.

SIM untuk bis tidak bisa pakai SIM yang buat truk

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait