Citroen H Van, Pelopor Food Truck

26 June 2020
Suryo S
 
Mungkin Citroen tidak menyangka jika mobil ciptaannya ini jadi ikon foodtruck dunia
 

Food truck sudah jadi fenomena lifestyle termasuk di Indonesia. Berjualan di atas kendaraan ini sebenarnya bukan hal yang baru, terlebih untuk masyarakat Eropa. Salah satu pelopor maraknya food truck adalah Citroen H Van.

Truk bikinan Prancis ini mulai kiprahnya pada 1947 dan baru rampung berkiprah pada 1981. Pada awalnya truk ini diperuntukkan sebagai kendaraan angkut ringan, dengan bak belakang yang mudah dirombak sesuai dengan kebutuhan yang sangat sesuai dengan kebutuhan paska perang dunia.

Namun karena kemudahan dalam melakukan penyesuaian dan perombakan bodi pada bagian belakang, maka kemudian H Van banyak dikaryakan menjadi kendaraan penjual makanan, minuman hingga bunga. Namun yang paling terkenal adalah dijadikan sebagai foodtruck dan hingga kini masih sering dijumpai di beberapa kota di Prancis ataupun Belgia.

Mengenai mesin, hanya ada dua macam , generasi awal menggunakan mesin 4 silinder inline 1.600 cc yang kemudian diperbarui pada tahun 1963 dengan mesin yang lebih besar 1.900 cc.

Pada dasarnya mobil ini menggunakan konstruksi bodi monokok dengan subframe pada bagian depan yang berfungsi sebagai tumpuan mesin dan juga girboks. Sebagai info, mobil ini menggunakan roda depan sebagai penggeraknya.

Sedangkan bodi dibuat dari berbagai material mulai dari plat besi, almunium dan juga fiberglas.

Konon mobil ini pernah ada di Indonesia dan digunakan oleh RRI sebagai kendaraan transmitter, namun sayang sekali keberadaannya sudah tidak bisa dilacak lagi.

Selama 34 tahun diproduksi, mobil ini telah terjual lebih dari 400 ribu unit dan sebagian besar terjual di Prancis dan Belgia.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait