Dajiban, Balapan Van Unik Orang Jepang

13 February 2020
Suryo S
 
Balapan telah mengakar dalam kehidupan orang Jepang, Bahkan Dodge Van pun dibikin jadi kendaraan balap.
 

Orang Jepang menyukai hal-hal unik yang mungkin tak terpikirkan oleh orang lain. Sebagai contoh, mereka menyediakan berbagai makanan dan minuman yang bisa dipilih dari vending machine atau juga  toilet super mewah bin nyaman.

Namun, ada hal yang tak kalah 'ajaib' yaitu memodifikasi serta balapan khusus menggunakan  Dodge Van atau dalam bahasa lokal Jepang dibaca sebagai ‘Dajiban’.

Dijelaskan bahwa pada awalnya van Amerika banyak digunakan oleh penggemar balapan motor, sebagai pengangkut motor, sparepart hingga perlengkapan balap lainnya. Dulu tak hanya Dodge, namun ada merek lain, seperti Chevrolet ataupun Ford. Nampaknya, tak hanya sepeda motornya saja yang diadu kencang, tetapi van pengangkutnya pun tak ketinggalan merasakan gairah balap.

Suspensi sudah disesuaikan dengan lintasan balap

Mengenai kepopuleran Dodge di ajang ini, tak lepas dari beberapa pertimbangan. Seperti diketahui, Dodge punya mesin V8, dengan kapasitas 318 cu.in (5.200 cc) serta ada pilihan wheelbase pendek. Meskipun Chevrolet Astro tak kalah populer di Jepang, namun hanya punya mesin V6 yang dianggap kurang kompetitif. Satu lagi yang cukup bertenaga, adalah Ford Econoline yang juga bermesin V8, tetapi tidak dipilih juga karena terlalu besar dan berat.

Walaupun tidak ada batasan tahun pembuatan, namun pada balapan ini didominasi oleh Dajiban generasi terakhir dengan akta pembuatan tahun 1994 hingga 2003. Sebagian besar mobil-mobil ini diimpor dari Amerika Serikat sebagai kendaraan bekas .

Melihat dari wujud utuhnya, balap Dajiban ini mengadirkan percampuran modifikasi antara Amerika dan Jepang. Van ini menggunakan pelek alloy R16 bikinan Watanabe, sehingga menghasilkan penampilan yang unik.

Paduan pelek Watanabe, memberikan tampilan yang unik 

 

Sebagian ruang kabin tersita untuk ruang mesin V8
 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait