Multi-Stop Truck, Van Mengotak Yang Populer Di Amerika

15 June 2020
Suryo S
 
Jenis van ini identik dengan bentuk kotak dan atap yang tinggi
 

Sosok van yang satu ini jauh dari kata cantik dalam hal penampilan. Wujudnya simple mengotak dan didedikasikan untuk pengangkutan barang secara optimal serta mudah dalam bongkar pasang muatan.

Jenis van yang disebut sebagai Multi-Stop Truck atau dikenal sebagai walking delivery van ataupun disebut sebagai Step Van ini cukup populer di Amerika Serikat khususnya digunakan untuk pengantaran barang jarak pendek, milk delivery, food truck, mobil penyadapan hingga dipakai sebagai kendaraan penyergapan FBI.

Salah satu ciri dari van ini adalah orang dapat berdiri dengan sempurna ketika berada di dalam kabinnya. Selain itu van ini memiliki akses keluar masuk yang cukup besar. Sehingga tak aneh jika mereka disebut sebagai walking-delivery van ataupun Step Van.

Model van seperti ini muncul pada akhir tahun 30-an dengan wujud van kecil. Divco dan International Harvester dengan International Metro Van muncul sebagai pelopornya. Namun kemudian semakin berkembang dan bodinya semakin membesar, seiring dengan perkembangan permintaan pasar.

Pada tahun 70-an, dimensinya pun masuk dalam kategori full size van yang didominasi oleh Chevrolet Step Van ataupun GMC Value Van. Sedangkan pabrikan seperti International, Dodge, Studebaker dan beberapa lainnya bertahan di segmen small van dan medium van.

Freightliner Step Van 

Sampai hari ini, hanya tersisa General Motors, Ford dan Freightliner Trucks sebagai pemasok sasis bagi pondasi Step Van. Pengerjaan bodi dan desain sepenuhnya dikerjakan oleh perusahaan karoseri seperti Alf-Herman, Boyertown, Flxible, DurAvan, DeKalb, General, Gerstenslager, Lyn, Mark, Montpelier, Murphy, Orville, Soutern Coach, Swift, Utilimaster Universal dan Van-All.

Sedangkan menyambut era mobil listrik, diinfokan bahwa Workhorse, salah satu pabrikan kendaraan listrik (EV, electric vehicle) dari AS telah mulai menawarkan Step Van mereka yang sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik.

Mobil model ini pernah hadir di Indonesia pada era 60-an, salah satunya pernah digunakan oleh RRI Nusantara II Yogyakarta.

Workhorse step van 
 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait