Van Listrik Baru Dari Nissan Bikin Publik Eropa Tidak Takjub

29 September 2021
Benny Averdi
 
Nissan meluncurkan Townstar Electric Van, namun masyarakat di Eropa tidak terlalu antusias melihatnya.
 

Pasar Eropa menjadi target pabrikan untuk menjajakan produk kendaraan listriknya. Termasuk Nissan yang memperkenalkan Townstar Electric Van. Tetapi van listrik ini tampaknya disambut setengah hati oleh masyarakat Benua Biru itu.

Hal utama, karena tampilannya tampak ‘familiar’ dengan wujudnya. Sebenarnya, ini adalah Renault Kangoo 2021 rebadged dengan dua pilihan powertrain: elektrik atau bensin 1.300 cc. Meski begitu, ada hal menarik dari Townstar Electric Van, terutama menggantikan e-NV200 yang sebelumnya tersedia di Eropa.

Sama seperti Kangoo E-Tech Electric yang berbagi platform Alliance CMF-C, Nissan Townstar EV terdiri dari dua versi, panel van dan kombi (penumpang). Dibandingkan dengan Kangoo all-electric, Nissan Townstar memiliki ujung depan yang sedikit berbeda yang terinspirasi oleh Ariya. Berfitur lampu depan LED yang lebih sempit, gril khusus dengan pola Kumiko dan bumper yang berbeda.

Tampilan samping, belakang dan interior cukup identik dengan Renault, kecuali logo Nissan. Menariknya, ini menjadi model Eropa pertama yang memakai logo baru Nissan.

Van listik ini, memiliki opsi pengisian daya akan mencakup standar 11 kW atau 22 kW sebagai opsional, Nissan mengklaim waktu pengisian (DC) dari 0% hingga 80% bisa didapat dalam 42 menit.

Disebutkan pula, powertrain Townstar menggabungkan manajemen energi yang cerdas dan pendinginan termal baterai secara efektif yang dioptimalkan.

Rangkaian lebih dari 20 teknologi canggih akan tersedia di Townstar, termasuk fitur ADAS seperti sistem bantuan mengemudi jalan raya ProPilot, Side Wind Assist, Trailer Sway Assist, Intelligent Emergency Braking yang menampilkan Pedestrian and Cyclist Detection dan Junction Assist, serta Parkir Hands-Free dan Intelligent Cruise Control.

Townstar juga mengintegrasikan Around View Monitor (AVM) Nissan untuk pertama kalinya di segmen van kompak, menampilkan gambaran 360 derajat dari area di sekitar kendaraan berkat rangkaian kamera.

Sejauh sistem infotainment berjalan, ia bisa dioperasikan melalui layar sentuh 8 inci yang terhubung ke panel instrumen digital 10 inci dan fitur konektivitas seperti E-Call, Apple CarPlay/Android Auto, dan pengisian daya telepon nirkabel.

Nissan Townstar menawarkan ruang kargo hingga 3,9 meter kubik dengan sekat putar, mampu mengangkut dua palet Euro dan kargo hingga 800 kg. Area kargo mengintegrasikan pintu geser besar di samping dan kemungkinan pintu Prancis 60/40 dengan bukaan 180 derajat atau bak di belakang.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait