Ban Masa Depan Goodyear, Tahan Lama dan Cocok Untuk Usaha Niaga

Ban Masa Depan Goodyear, Tahan Lama dan Cocok Untuk Usaha Niaga
Adalah ban konsep berjuluk Goodyear reCharge. Ban ini selain menawarkan kemudahan pergantian, juga memiliki usia pakai yang lebih lama.
 

Sebagai salah satu komponen yang rutin diganti karena usia pakai, ban menjadi salah satu peranti yang menjadi perhatian para pengusaha angkutan. Namun di masa depan, tampaknya ban canggih dari Goodyear ini bisa jadi solusi.

Ban konsep berjuluk Goodyear reCharge, selain menawarkan kemudahan pergantian, juga memiliki usia pakai yang lebih lama. Sehingga mampu membantu para pengusaha angkutan menghemat pengeluaran ban dan memangkas waktu pengerjaan pergantiannya.

Rahasianya karena ban ini memiliki senyawa yang diperkuat dengan serat laba-laba sutra. Salah satu bahan alami terkuat di dunia, yang mampu bertahan lama dan 100 persen dapat terurai secara alami, sehingga ramah lingkungan.

Proses penggantian ban sendiri terbilang mudah, karena komponen yang diganti hanya bagian 'kapsul' isi ulang di tengah poros ban. Dalam kapsul tersebut, ada senyawa berupa cairan khusus yang akan menggantikan isi dan telapak ban yang sudah terurai sebelumnya.

Tapak ban akan didukung oleh karkas yang ringan, profil yang tinggi dan sempit. Konstruksi yang kuat, mudah perawatan dan tipis ini, yang akan menepis semua kebutuhan untuk memelihara tekanan atau waktu tunda karena kebocoran.

Melalui kapsul ini, tapak ban bisa beregenerasi dan beradaptasi  untuk berbagai kondisi iklim dan jalan. Misalnya saat melaju di pegunungan ketika hujan, atau melintas di tol saat kering. Lalu, dengan kecerdasan buatan, profil ban akan ditampilkan kepada pengemudi.

Sebastien Fontaine, Kepala Desainer di Goodyear Innovation Center di Luksemburg mengatakan. “Goodyear reCharge adalah konsep ban bandel yang sangat mandiri, berdaya tahan lama dengan proses pergantian ban yang  mudah dan sederhana,” katanya.