Beberapa Kebiasaan Driver Penyebab Kendaraan Besar ‘Rem Blong’ Di Turunan (2)

Beberapa Kebiasaan Driver Penyebab Kendaraan Besar ‘Rem Blong’ Di Turunan (2)
Perlunya cek berkala dan pembekalan pengetahuan soal teknis kendaraan
 

Pekan lalu ada kejadian sebuah truk yang meluncur tanpa sopir di turunan ruas tol Semarang Batang. Tepatnya di Km 413 B, truk berhenti di titik  Km 413+800 B saat pagi hari.

Terlepas tidak adanya korban jiwa dan kerusakaan besar, kejadian itu bak mengingatkan lagi bahwa aktivasi sistem pengereman untuk kendaraan bertonase besar seperti truk maupun bus sangat vital.

Terbilang sering mendengar kejadian ‘rem blong’ dari bus ataupun truk di jalur menurun. Baik dari posisi statis, yang sering terjadi, kendaraan besar itu gagal berhenti sebagaimana mestinya sehhingga mengakibatkan kecelakaan.

Inilah penyebab ‘rem blong’

Berdasarkan catatan Bus-Trukc.id, Senior InvestigatorKomite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan, memaparkan sejumlah hal yang menyebabkan ‘rem blong’ saat kendaraan besar melaju.

Selain brake fading atau kondisi yang melampaui kemampuan maksimal rem, ada juga penyebab simultan terjadinya ‘rem blong’. “Bisa disebabkan pengemudi hanya menggunakan service brake (pedal rem, Red). Kalau di jalan datar, tentunya service brake masih bisa optimal, tetapi di jalan menurun harus disertai dengan secondary brake dari exhaust brake atau bahkan auxiliary brake, seperti brake retarder. Karena di jalan menurun, beban rem tak hanya bobot truk dan muatannya saja, tetapi juga pengaruh dari gravitasi,” ungkap Ahmad.

“Pada kasus lainnya, ada yang merasa pedal rem seperti berat untuk diinjak, atau kerap disebut mbagel,” kata Wildan lebih lanjut. Angin tekor, begitu biasa disebut, akan muncul pada kendaraan tonase besar yang menggunakan sistem rem Air over Hydraulics, di  mana tekanan angin digunakan untuk mendorong fluida (minyak rem) untuk menggerakkan kampas rem,” jabarnya lebih lanjut.

Menurut Wildan lagi, karena angin kurang, maka tekanan tidak cukup untuk mengurangi putaran teromol rem. Kondisi angin tekor itu, bisa terjadi karena pengereman dilakukan terus menerus, sementara pompa angin tidak mengisi tabung angin atau angin di tabung digunakan untuk perangkat lain, seperti klakson, dan yang dibunyikan terlalu sering , sehingga tabung berotensi angin kosong.

Hal ini pula yang mendasari pihak Ditjen Perhubungan Darat melarang penggunaan klakson ‘telolet’ pada kendaraan besar, khususnya bus, sebelum berlangsungnya arus mudik dan balik liburan Learan 2024 yang lalu.

Karena banyak ditemukan bahwa klakson yang bisa ‘bernyanyi’ itu berfungsi karena mengambil tekanan udara dari sistem pengereman.

Selain itu, penyebab ‘rem blong’ karena celah kampas rem yang terlalu jauh jaraknya. “Ini pun supir sudah menginjak pedal rem dengan kuat, tetapi roda tetap berputar,” ungkap Ahmad Wildan yang kelahiran Tegal Jawa Tengah itu.

Nah, karena jarak kampas rem dengan teromol terlalu jauh itu menjadikan situasi dimana ketika pedal diinjak pun, kampas tak ‘menggigit’ teromol, sehingga roda tetap berputar.

Dari kejadian-kejadian tersebut Ahmad Wildan mengingatkan pentingnya pemeriksaan berkala atas kondisi teknis truk maupun bus berbagai ukuran.

Baca juga: Lagi, Driver Bus AKAP Kurang Waspada Di Tol Cipali

Baca juga: Kecelakaan Bus Tabrak Belakang, Umumnya Karena Driver Merasa ‘Jago Nyetir’…