Bangga Tembus 12,8 Km/L, Penggemar Ford Maverick Buat Stiker Kaca

Bangga Tembus 12,8 Km/L, Penggemar Ford Maverick Buat Stiker Kaca
Dari hasil pengetesan dua Ford Maverick, konsumsi bahan bakarnya menunjukkan hasil yang baik. Penggemarnya mengusulkan stiker kaca untuk hasil tersebut.
 

Ford Maverick, pikap kompak yang lebih kecil dari Ranger, menjadi bahan perbincangan beberapa kalangan penggemar pikap sejenis. Bahkan, sebelum diluncurkan, sudah ada Ford Maverick Fans Club, komunitas penyuka pikap yang tergolong murah meriah tersebut.

Beberapa waktu lalu, sudah banyak Youtuber dari Amerika menjajal pikap yang dijual mulai 19.995 dollar Amerika (Rp 287 juta). Salah satu dari mereka, InterUnetAutomotive,  menguji konsumsi bahan bakar Maverick penggerak roda depan (front wheel drive, FWD) dan penggerak empat roda (all-wheel drive, AWD).

Dari hasil yang didapat, menurut Carscoops, versi FWD memperoleh angka 23 mpg atau 9,8 km/liter pada rute dalam kota, lantas 30 mpg (12,8 km/liter) di tol dan rute kombinasi 26 mpg (11,1 km/liter). Hasil tak jauh berbeda diraih versi AWD, 22 mpg (9,4 km/liter) rute dalam kota, 29 mpg (12,1 km/liter) tol dan kombinasi 25 mpg (10,6 km/lliter).

Bagi masyarakat Amerika, yang terbiasa dengan kondaraan bermesin besar dan boros, angka yang dihasilkan Maverck dengan mesin 2.000 cc EcoBoost itu cukup istimewa. Tak mengherankan penggemar ‘pikap murah’ itu pun mengusulkan Ford memasang hasil pengetesan itu di tiap kaca Maverick anyar.

Hal tersebut cukup beralasan, karena dibandingkan kompetitor terdekat, Hyundai Santa Cruz, konsumsi bahan bakar di tol hanya mencapai 27 mpg (11,5 km/liter) dan kombinasi 23 mpg (9,8 km/liter).

Pihak Ford belum mengumumkan hasil resmi versi mereka soal konsumsi bahan bakar Maverick, namun membenarkan hasil yang diraih YouTuber tersebut, yaitu berada di kisaran 26,6 mpg (11,3 km/liter).