Berbagai Ragam Spion Jadi Ujung Tombak Informasi Visual Seputar Truk

Berbagai Ragam Spion Jadi Ujung Tombak Informasi Visual Seputar Truk
Kaca spion tambahan ini memperkecil terjadinya blind spot pada sebuah truk atau kendaraan besar lainnya
 

Truk merupakan sosok kendaraan besar dan tinggi. Walaupun punya pandangan tinggi, namun pada kenyataannya truk punya masalah besar dengan blind spot.

Oleh karenanya, sejak zaman dulu, truk punya ukuran spion yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis kendaraan lain bahkan terhadap ukuran spion bus sekalipun.

Namun sayang sekali, hal itu pun nampaknya tidak cukup, blind spot besar tetap ada di bagian depan sisi kiri dan kanan sebuah truk dan juga bagian samping bawah. Oleh karena itu kemudian pabrikan truk menambahkan berbagai spion tambahan  untuk mendapatkan informasi visual lebih lengkap dan detail.

“Secara prinsip kita harus paham dulu fungsi kaca spion, banyak pengemudi cuma tahu fungsinya untuk melihat belakang. Kehadiran kaca spion tambahan adalah untuk membantu pengemudi dalam memantau kondisi sekeliling kendaraan secara lebih detail,” terang Sonny Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) saat dihubungi. “Selain itu untuk meminimalkan blindspot,” tambahnya.

Sonny menambahkan, bahwa di beberapa produk fungsi spion tambahan ini telah digantikan dengan kehadiran kamera yang ditanamkan di sekeliling kendaraan.