Bikin Air Pembersih Kaca Dari Bahan-Bahan Di Rumah

Bikin Air Pembersih Kaca Dari Bahan-Bahan Di Rumah
Jika mendapatkan air untuk wiper washer cukup sulit, beberapa bahan yang ada di rumah bisa dijadikan penggantinya.
 

Jika ikuti anjuran pabrik, maka cairan wiper (wiper washer) harus diisi dengan cairan khusus yakni washer fluid. Dibandingkan dengan air biasa, washer fluid punya keunggulan dalam menghalau minyak atau kotoran yang nempel di permukaan kaca.

Dari spesifikasinya jelas washer wiper lebih efektif dibanding air biasa, namun jika kehabisan atau sulit mendapatkan cairan ini, ada cara alternatif yang bisa dilakukan dan harganya pun cukup ekonomis.

“Cukup dengan menggunakan bahan-bahan yang dibutuhkan dan gampang didapat,” terang Migrawan Nugroho dari Karya Indah Motor (KIM) di bilangan Cipendawa Bekasi, Jawa Barat.  Pria yang akrab disapa Ega ini mengatakan bahwa hanya tiga komponen sederhana yang harus disiapkan untuk membuat ‘home madewasher fluid. Pertama, air suling atau bisa juga dengan air bersih biasa, sabun cuci piring cair dan alkohol.

Sebagai ancar-ancar komposisi yang digunakan adalah 1 liter air dicampur dengan 200-300 cc alkohol (90%) dan kemudian ditambahkan sabun cuci piring cair satu sendok makan.

Aduk komposisi tersebut hingga merata dan kemudian masukkan ke dalam wadah penampungan washer fluid. Sekarang anda punya cairan pembersih kaca bikinan sendiri yang tak kalah ampuh dari produk pabrik.

Perhatikan isi tabung air pembersih kaca, harus cukup.