Bus Listrik Nasional INKA Langsung Diuji Jadi Armada PPD di Bali

Bus Listrik Nasional INKA Langsung Diuji Jadi Armada PPD di Bali
Menariknya, menurut Bambang pada kesempatan tersebut pula, E-Inobus PT INKA (Persero) dibawa ke Bali lewat jalur darat.
 

Beberapa waktu lalu sempat kami kabarkan mengenai uji coba bus listrik dan bus wisata dari Perum PPD di Bali bulan ini. Dalam kesempatan tersebut PPD juga menggandeng PT INKA sebagai produsen bus listrik nasional sebagai sarana uji coba produk E-Inobus.

Dalam rilis resminya, PT INKA (Persero) dan Perusda Bali Kembali membuat kesepakatan dengan melibatkan Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Kesepakatan ini mengenai pengadaan dan pengoperasian transportasi perkotaan di Bali.

Kesepakatan atau proyek tersebut tidak terbatas pada pengadaan dan pengoperasian transportasi bus listrik di wilayah Provinsi Bali saja. Ketiga perusahaan tersebut nantinya akan melaksanakan kerja sama yang mencakup pada perencanaan, pengadaan dan pengoperasian pada proyek tersebut.

"Rencananya selama 1 bulan ke depan E-Inobus akan diuji coba di seputar Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) seperti Kuta, Sanur dan Ubud," jelas SM PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT INKA (Persero), Bambang Ramadhiarto.

Menariknya, menurut Bambang pada kesempatan tersebut pula, E-Inobus PT INKA (Persero) dibawa ke Bali lewat jalur darat. "Sehingga sekaligus menguji endurance perjalanan Madiun ke Bali dengan beberapa penghentian untuk mengisi baterai mulai hari Rabu hingga Kamis (4-5/11)."

Bus tersebut memiliki kemampuan menempuh jarak 200 km dalam satu kali pengisian baterai selama tiga sampai empat jam. Serta diklaim memiliki pemeliharaan juga dikatakan lebih terjangkau dibanding bus diesel sebesar 49 persen.

Rencananya, setelah seremonial penandatangan tersebut bus listrik E-Inobus produksi PT INKA (Persero) akan diuji coba di kawasan wisata Bali untuk umum pada 8 November selama sebulan ke depan. Kabar baiknya, penumpang bus tersebut tidak dikenakan biaya, alias gratis.