Bus Patas Hantam Pantat Truk di Tol Jombang-Mojokerto, Kondektur Tewas

Bus Patas Hantam Pantat Truk di Tol Jombang-Mojokerto, Kondektur Tewas
Bus Patas Sugeng Rahayu menabrak bagian belakang truk di ruas jalan tol Jombang Mojokerto Km 712+800 Jalur A Minggu dinihari, 22 Desember 2019 pukul 01.15 WIB. 
 

Bus Patas Sugeng Rahayu jurusan Purwokerto-Jogja-Solo-Surabaya kembali terlibat kecelakaan. Kali ini menimpa unit bus berbodi Legacy SR-2 karoseri Laksana yang menabrak bagian belakang truk di ruas jalan tol Jombang Mojokerto Km 712+800 Jalur A Minggu dinihari tadi, (22/12) pukul 01.15 WIB. 

Kecelakaan ini mengakibatkan satu orang korban jiwa, yakni kondektur bus. Sementara, sopir bus dinyatakan selamat.

Pantauan dari laporan Patroli Jalan Raya Polda Jatim menyebutkan bus Sugeng Rahayu dikemudikan oleh Andri Purnawan (33), warga  Banyu Sari Lor RT.02/RW.08 Kelurahan Banyusari Kecamatan Grabak Magelang.

Sementara, sang kondektur bus, Sarono Widodo (38), warga Lancar Barat RT 10/RW 03 Kecamatan Peterongan, Jombang, mengalami luka Patah tulang kaki kiri akibat terjepit dengan bodi kendaraan.

Oleh petugas, Sarono kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Citra Medika, Mojokerto. Namun tak tertolong. Saat kejadian, bus Sugeng Rahayu mengangkut 15 orang penumpang. Seluruh penumpang dinyatakan selamat.

Sementara truk yang ditabrak, dikemudikan oleh Unen Pristiwanto (37) warga Desa Bendil Kecamatan Sanan Wetan RT 01 RW 06 Blitar dalam kondisi selamat. Begitu pula kernet truk, Basori (58) yang beralamat sama, juga dinyatakan selamat.

Akibat kecelakaan ini, bagian depan bus Sugeng Rahayu ringsek berat. Cowl dan kaca depan pecah. Pintu samping remuk. Petugas mengerahkan truk derek untuk mengevakuasi bangkai bus dari lokasi kejadian.

Kronologi kejadian, bus Sugeng Rahayu melaju dari Purwokerto dengan tujuan Surabaya menggunakan lajur kiri atau jalur lambat dengan kecepatan sekitar 80 km/jam. 

Sesampai di KM 712+200 jalur A, pengemudi bus mengantuk. Pengemudi bus kaget saat melihat ada truk yang berjalan di depannya. Karena kaget pengemudi bus membanting setir ke kanan, namun bagian kepala bus sebelah kiri masih nyangkut dan menghantam bagian belakang kendaraan truk, mengakibatkan kondektur luka berat pada kaki dan meninggal dunia saat dalam perawatan di RS Citra Medika Mojokerto.