Bus Suite Class Versi Sulawesi, Ternyata Beda Dengan Di Jawa

Bus Suite Class Versi Sulawesi, Ternyata Beda Dengan Di Jawa
Uniknya, ada sederet bagian pada bus berbodi Legacy SR-2 yang khusus dipesan oleh PO Litha & Co pada karoseri Laksana.
 

Saat proses pembangunannya, kami sempat memberitakan mengenai kehadiran bus Suite Class di Sulawesi. Dan Senin (28/1) kemarin, bus dari PO Litha & Co, dikirim ke Sulawesi melalui jalur laut dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Uniknya, ada sederet bagian pada bus berbodi Legacy SR-2 yang khusus dipesan oleh PO Litha & Co pada karoseri Laksana. Hal itu yang membuatnya berbeda dari bus-bus Suite Class yang sebelumnya beredar di Jawa, seperti armada Sinar Jaya, Shantika dan Tami Jaya.

Paling jelas adalah penggunaan sasis premiumnya. Di mana bus Litha & Co memakai sasis Mercedes-Benz O 500R 1836 yang dibekali mesin diesel besar bervolume 11.967 cc dengan tenaga 360 ps (355 dk). Sedangkan bus-bus di Jawa mengandalkan sasis Hino RN285 yang bermesin 7.684 cc bertenaga 285 ps (281 dk).

Keuntungan penggunaan sasis premium tersebut adalah total panjangnya yang bisa dimaksimalkan hingga 13,5 meter. Sementara bus bersasis Hino RN285 hanya sepanjang 12 meter. Karena sasisnya yang panjang, pintu bagian belakang pun dipindah ke tengah, agar mobilitas penumpang makin mudah.

Selain itu, sesuai dengan permintaan penumpang di Sulawesi yang tak membutuhkan toilet di dalam bus. Maka fasilitas toilet pun dihilangkan di bus tersebut. Efeknya, kapasitas seat bus ini bisa lebih banyak yakni 24 penumpang dari versi Hino yang hanya 21 seat.