Cakep, Seperti Ini Wujud Angkot Masa Depan

Cakep, Seperti Ini Wujud Angkot Masa Depan
Minibus ini dimodifikasi dengan konsep angkot dan mampu mengangkut 16 penumpang dengan nyaman
 

Sarana angkutan umum di Indonesia, mengalami perkembangan dalam kuantitas maupun kualitas. Salah satu yang ramai dibahas adalah angkutan perkotaan atau angkot. Salah satu wacana, bahwa wujud angkot di masa depan adalah sosok kendaraan yang lebih menusiawi, nyaman dan dilengkapi AC.

Salah satu prototipe yang dapat mewakili gambaran Angkot masa depan dipamerkan di acara GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo GIICOMVEC 2020.

Realisasi wujud angkot masa depan ini dihadirkan oleh PT Sugity Creatives yang memamerkan sosok Toyota HiAce yang telah dikonversi menjadi kendaraan dengan format tempat duduk berhadapan layaknya Angkot.

“Pada dasarnya ini masih berupa konsep dengan menyertakan berbagai bentuk penyesuaian dengan kebutuhan yang ada,” terang Aria Hilasana, Vehicle Conversion Development Chief Leader PT Sugity Creatives, saat ditemui di sela pameran GIICOMVEC 2020.

Dari luar tidak ada perubahan berarti pada sisi eksterior kecuali terdapat papan lampu yang ditempatkan di bagian atap yang berisi informasi jurusan dan jalur. Namun pada bagian interior terdapat perbedaan signifikan pada bagian tata letak bangku penumpang di bagian belakang.

Jok nyaman dan masing-masing dilengkapi seatbelt 2 titik

Sebanyak 8 bangku diletakkan di sebelah sisi kanan dan 5 bangku di sisi kanan dengan posisi berhadapan menjadi identitas yang diwariskan dari Angkot yang ada saat ini. Hebatnya tiap bangku dilengkapi dengan seatbelt 2 titik sebagai faktor keselamatan.

Pada bagian penumpang ini nampak sebuah layar berukuran besar yang merupakan informasi tentang rute, jalur ataupun informasi lainnya bagi penumpang.

Sedangkan ubahan pada bagian kabin depan adalah ditambahkannya bangku penumpang ketiga yang diletakkan persis di sebelah kiri pengemudi. Sayangnya bangku tambahan ini hanya difasilitasi dengan tambahan sabuk pengaman dua titik saja.

Dengan berbagai perombakan dan modifikasi pada HiAce ‘Angkot’ ini, diperkirakan saat dijajakan nanti mobil bongsor ini akan menyentuh angka di kisaran Rp 800 jutaan.