Cegah Penyebaran Corona, AMMDes Disulap Jadi Penyemprot Disinfektan

Cegah Penyebaran Corona, AMMDes Disulap Jadi Penyemprot Disinfektan
Di versi ini, AMMDes water tank yang dialihfungsikan menjadi alat penyemprot cairan disinfektan itu dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter.
 

Penyebaran virus corona masih tinggi di Indonesia. Berbagai cara dilakukan untuk pencegahan penyebarannya. Salah satunya lewat pemanfaatan kendaraan niaga nasional multiguna AMMDes oleh Kementerian Perindustrian.

Dalam hal ini, Kementerian Perindustrian bersama PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) menghadirkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) sebagai mobil penyemprot disinfektan.

“Kami akan memberikan fasilitasi kepada daerah-daerah yang membutuhkan peran AMMDes penyemprot disinfektan,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier, dalam rilisnya (29/11).

Di versi ini, AMMDes water tank yang dialihfungsikan menjadi alat penyemprot cairan disinfektan itu dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter. Kemampuannya terbilang mumpuni.

Seperti di tahap awal ini, wilayah yang disterilisasi mencakup enam rukun warga (RW) dari target seluruhnya mencapai 13 RW di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

“Berdasarkan hasil diskusi, dari 22 RW di lingkungan kami, sebanyak 13 RW yang akan disterilisasi dengan jumlah 27.000 penduduk. Kami sudah lakukan di 6 RW,” ungkap Lurah Cimanggis, Iqbal Faroid.

Iqbal berharap, langkah sinergi ini bisa berlanjut dengan program lain. Misalnya, pemanfaatan AMMDes untuk aplikasi ambulance feeder.

“Kami kan sudah bentuk gugus tugas, setiap RW punya kampung siaga penangangan Covid-19. Jadi, apabila ada warga kami yang terpapar, bisa juga pakai AMMDes, karena kami lihat ukurannya yang sangat efektif untuk di jalan perkampungan,” terangnya.