Contra Flow Dan One Way, Menjadi Skema Di Jalan Tol Saat Arus Mudik Dan Balik

Contra Flow Dan One Way, Menjadi Skema Di Jalan Tol Saat Arus Mudik Dan Balik
Hal tersebut disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol, Firman Shantyabudi, saat pengecekan jalur mudik di Cikampek.
 

Lancarnya perjalanan mudik dan arus balik saat libur Lebaran, merupakan harapan masyarakat di Indonesia pada umumnya. Untuk memastikan kondisi tersebut, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi melakukan pengecekan arus mudik dan balik di tol Cikampek, dengan memeriksa kondisi di KM45, KM47, KM69 dan KM70.

“Persiapan fisik jalan tol khususnya dan tentunya arteri kita kerjakan lagi setelah ini untuk memastikan nanti cara-cara bertindak apa yang akan kita siapkan buat melayani masyarakat yang akan mudik,” kata Firman usai ditemui di Kantor Jasamarga KM70 Tol Cikampek, Selasa (29/3), seperti dikutip dari korlantas.polri.go.id.

Ia juga mengatakan bahwa diprediksi arus dan volume kendaraan akan cukup tinggi. “Jadi nanti kita semua bekerja tentu berdasarkan situasi di lapangan. Kami akan siapkan langkah antisipasi tingginya arus mudik seperti manajemen peningkatan kapasitas jalan yaitu menambah ruas jalur yang akan digunakan,” terangnya.

Firman mengungkapkan, nantinya di KM45, KM47, KM69, dan KM70 tol Cikampek akan dilakukan skema contraflow bahkan one way, jika terjadi kemacetan panjang saat mudik dan arus balik. Saat ini, sejumlah persiapan masih terus digalakkan.

“Jadi ini sekali lagi untuk menambah kapasitas volume jalan untuk bisa dilalui tapi ini baru persiapan-persiapan dimana keluar masuknya, bagaimana pengaturan di pintu tol, semua akan kita cek,” ucapnya. “Besar harapan kami tentunya persiapan ini dari semua aspek, fasilitas sarpras jalan, kemudian para petugas yang akan kita tempatkan, dan yang lebih penting lagi masyarakat yang akan kita layani juga nanti untuk kerjasama dengan apa yang harus kita terapkan untuk kelancaran arus mudik,” tutupnya.