Daimler, Sediakan Komponen Dari Printer 3D

Daimler, Sediakan Komponen Dari Printer 3D
Daimler membuat trobosan dengan menggunakan teknologi 3D untuk menyediakan komponen non-mekanikal untuk unit busnya.
 

Jika anda memperhatikan sebuah bus, maka akan terlihat bahwa terdapat ribuan komponen yang terdiri atas komponen mekanis dan non-mekanis.

Jenis komponen non-mekanis seperti pegangan pintu, ataupun potongan bagian interior lain yang kadang-kadang rusak atau hilang. Tentu hal ini akan menjadi tantangan bagi penyedia suku cadang, terlebih pada jenis komponen yang sudah tidak tersedia stoknya.

Seperti dilansir dari media.daimler.com, salah satu inovasi dari Daimler, yakni menyediakan spareparts berkualitas tinggi dengan menerapkan teknologi cetak modern 3D untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Lewat pelayanan ini maka kebutuhan ‘re-produksi’ perangkat yang rusak atau hilang tersebut dapat segera terpenuhi dengan cepat.

Bagian yang diproduksi ini merupakan komponen estetika yang tidak ada hubungannya dengan keselamatan, seperti komponen penutup, pegangan dari plastik, yang digunakan pada bus rancangan Daimler.

Dengan menggunakan printer 3D, divisi bus Daimler dapat dengan cepat, fleksibel, ekonomis dan ramah lingkungan bereaksi terhadap kebutuhan pelanggan yang mendesak dan khususnya dalam kasus komponen yang jarang dipesan atau permintaan khusus pelanggan.