Ekspor Mazda Bongo Dari Daihatsu Indonesia, Jadi Kebanggaan Tanah Air

Ekspor Mazda Bongo Dari Daihatsu Indonesia, Jadi Kebanggaan Tanah Air
Mazda Bongo merupakan kembaran dari Daihatsu Gran Max yang basis produksinya ada di Indonesia.
 

Sosok Mazda Bongo sempat viral di kalangan penggemar otomotif tanah air beberapa waktu lalu. Hal ini dikarenakan mobil yang hanya dijual di Jepang (JDM) tersebut ternyata buatan Indonesia.

Tak heran, karena Mazda Bongo merupakan kembaran dari Daihatsu Gran Max yang basis produksinya ada di Indonesia. Bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM), kepercayaan Mazda di Jepang pada produk mereka menjadi kebanggaan tersendiri.

"Ekspor ke Jepang kebanggaan untuk bangsa Indonesia. Karena di Jepang soal kualitas, tidak main-main. Tidak sembarangan. Mereka strict (ketat) kualitasnya. Ini mencerminkan kemampuan masyarakat Indonesia," kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM saat teleconfrence Kamis (1/10).

Ketika memasukkan produknya ke Jepang, awalnya banyak yang meragukan. "Banyak pihak, termasuk dealer Toyota yang meragukan, apa mungkin produksi Indonesia. Karena dianggap kemampuannya minim. Tapi kami berhasil mengekspor dari 2007 dan mulai Juli 2020 memperluas produk untuk Mazda," pungkasnya.

Menurutnya Daihatsu Indonesia mampu membuktikan kualitas produknya di pasar Jepang lewat berbagai brand. Mulai dari Toyota, Mazda dan tentunya Daihatsu sendiri.

Di Jepang, kembaran Gran Max keluar dengan brand Toyota Lite Ace, Town Ace dan Mazda Bongo. Selain juga dijual dalam brand Daihatsu Gran Max.