Gara-Gara Belanda, Posisi Setir Mobil Indonesia Ada Di Sebelah Kanan

Gara-Gara Belanda, Posisi Setir Mobil Indonesia Ada Di Sebelah Kanan
Awalnya peraturan kemudi di sebelah kanan berlaku di Belanda, yang berasal dari kusir kereta kuda posisinya di kanan.
 

Posisi kemudi mobil di Indonesia ada di sebelah kanan. Bukan lantaran mayoritas kendaraan bermotor bermerek Jepang yang notabenenya punya letak setir di sebelah kanan, namun letak posisi kemudi di kanan untuk Indonesia dikarenakan oleh pengaruh Belanda. Lho kok bisa? Karena sama-sama kita diketahui bahwa saat ini kendaraan di Belanda posisi lingkar kemudinya di sebelah kiri.

Semuanya berasal dari ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah Belanda dalam mengatur lalu lintas di semua daerahnya termasuk semua wilayah jajahannya pada abad ke-16. Saat itu pengaturan berlaku pada kereta kuda ataupun pedati di mana kusirnya berada di sebelah kanan.

Kekalahan Belanda terhadap Perancis membawa perubahan besar. Di bawah rezim Prancis, peraturan tersebut diubah dengan posisi kusir dipindah ke sebelah kiri, semua kereta kuda di Belanda pun mematuhinya. Namun anehnya perubahan ini tidak diberlakukan pada negara jajahannya, seperti di Indonesia. Bahkan ketika era kendaraan bermotor muncul di awal abad ke-19, tidak terjadi perubahan seperti regulasi yang berlaku di negeri Belanda, di mana letak lingkar kemudi di Indonesia tetap berada di posisi kanan.

Begitu pula ketika permulaan abad ke-20 hingga tahun '60-an, di mana ketika itu cukup banyak beredar kendaraan dengan setir kiri, peraturan setir kanan tersebut tetap dipertahankan oleh pemerintah Indonesia, bahkan tetap berlaku hingga detik ini.