Hal Ini Yang Sebabkan Rem Depan Harus Lebih Kuat Dari Rem Belakang.

 Hal Ini Yang Sebabkan Rem Depan Harus Lebih Kuat Dari Rem Belakang.
Rem depan harus mampu menahan beban kendaraan saat terjadi pengereman yang kuat.
 

Rem tidak bisa dipisahkan dari sebuah kendaraan. Peranti ini punya tugas untuk mengontrol laju kendaraan dan tanpanya kendaraan akan gagal dikendalikan.

Perlu dipahami bahwa rem depan harus memiliki daya cengkram lebih kuat dibandingkan rem belakang. Tak hanya itu rem depan harus mampu menahan beban lebih besar daripada sejawatnya yang ada di belakang.

“Rem depan harus lebih kuat dan juga canggih dibandingkan dengan rem belakang. Hal ini disebabkan karena saat melakukan pengereman, (sebagian besar) bobot kendaraan akan pindah ke depan,” jelas Toedyo Santosa, Director Indonesia Road Safety Agent (IRSA) “Saat bobot berpindah ke depan, maka dibutuhkan rem yang cukup kuat untuk menahannya. Sedangkan rem belakang tidak memiliki tugas sebesar itu,” tambah pria ramah ini.

“Sebab itulah rem cakram dipilih untuk menggawangi sektor pengereman depan karena respons pengereman pada rem disk brake lebih cepat dibandingkan dengan rem tromol,” tambahnya.

Jika keempat roda sudah dilengkapi dengan rem cakram, maka rem bagian depan tetap dirancang lebih kuat dengan kehadiran kaliper dan cakram yang lebih besar.