Hermansyah, Asal Kalimantan Timur Kantongi Tiket Ke Swedia Dari Volvo Truck

Tahun ini Volvo Indonesia mengundang 10 semi finalis lokal untuk perebutkan tiket ke Swedia
 

Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2019 kembali digelar. Pada akhirnya pemenang kompetisi adu efisien bahan bakar dan ketrampilan ini dimenangkan oleh Hermansyah, pengemudi truk dari PT Mandiri Herindo Adiperkasa, Kalimantan Timur.

Setelah berhasil menyingkirkan 10 kontestan lainnya yang datang dari berbagai perusahaan yang mengoperasikan truk asal Swedia tersebut di Indonesia, Hermansyah pun berhak berangkat ke Swedia bertemu dengan ratusan pengemudi truk Volvo terbaik dari berbagai negara untuk acara selebrasi dan kunjungan pabrik di negeri Skadinavia tersebut.

Sebelumnya, Hermansyah dan finalis lainnya diuji mengemudikan dump truck Volvo FMX 400 6X4R dan FMX 480 6X4T semi-trailer dengan panjang lintasan 5 km dengan lintasan on-road dan off-road. Dalam bidang transportasi, efisiensi jadi komponen penting yang terhubung erat dengan biaya operasional.

"Sejak diselenggarakan pada 2007 silam di Indonesia, secara prinsip hal yang dinilai sama dan tentu disesuaikan dengan kondisi dan teknologi yang ada,” ungkap Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group), importir Volvo Trucks Indonesia, Kamis (15/08).

Dijelaskan, driver truk merupakan ujung tombak kesuksesan bisnis perusahaaan. Kemampuan driver pada prinsipnya ditentukan oleh 3 hal. Yakni, aspek skill yang baik yang bisa membuat truk jadi awet karena dikemudikan dengan benar, lalu safety dan terakhir aspek efisiensi bahan bakar.

"Konsumsi bahan bakar mencapai 35 persen dari total biaya operasional perusahaan. Jika bisa efisien 10 persen saja akan sangat berarti bagi perusahaan," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Jurn Terpstra, Direktur Volvo Trucks Indonesia menambahkan, mengemudikan kendaraan berat memerlukan keterampilan, tetapi mengendarainya dengan efisien merupakan seni.

Jurn menyatakan, ajang kompetisi ini bertujuan menarik perhatian tentang pentingnya pekerjaan yang dilakukan oleh pengemudi truk khususnya Volvo. "Secara global, jumlah pengemudi terlatih cukup sedikit dan kami berharap bahwa melalui kegiatan ini, kita dapat meningkatkan peran pengemudi truk untuk mempromosikan kebanggaan profesional dalam industri, serta juga untuk menunjukan pentingnya efisiensi berkendara pada pelanggan kita. Keterampilan dan efisiensi mengemudi memiliki dampak langsung pada profitabilitas mereka,” ujar Terpstra.

Selain Hermansyah ajang ini juga menobatkan juara II Irvan Ardianto dari PT Karunia Armada Indonesia, Kalimantan Timur, dan Catur Andoko dari PT Hasnur Riung Sinergi, Kalimantan Selatan, sebagai juara  III.