Hino Kenalkan Deretan Bus Khusus Hadapi Pandemi Corona

Hino Kenalkan Deretan Bus Khusus Hadapi Pandemi Corona
Ada empat bus yang dikenalkan dalam kegiatan yang berlangsung di Hino Total Support Centre di Jatake, Tangerang. Apa saja?
 

Di saat ini, virus corona masih mengganas di Indonesia dengan tingginya angka penularan. PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) tak tinggal diam dan menyiapkan sederet line up di segmen bus untuk membantu pemerintah menghadapi corona.

Ada empat bus yang dikenalkan dalam kegiatan yang berlangsung di Hino Total Support Centre di Jatake, Tangerang Selasa (16/2). Mulai dari dua tipe microbus Flexicab yang berbasis Dutro, bus mesin depan Hino FC dan big bus Hino R260.

Pada model bus R260 yang disulap oleh pemiliknya PO Sumber Alam menjadi Bio Smart & Safe Bus. Bus ini dibangun bekerja sama dengan Karoseri Laksana dan dibantu oleh Universitas Diponegoro (UNDIP) serta dipandu oleh Komite Nasional Keselematan Transportasi (KNKT).

Kemudian, terdapat Hino FC Bus dengan aplikasi Mobile Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab. Menggunakan sasis Hino FC Bus, Bio Lab bus merupakan Mobile Lab yang didesain khusus mengikuti standar Biosafety Laboratory Level (BSL) II.

Sedangkan yang baru diluncurkan saat itu adalah produk terbaru dari HMSI yaitu Hino Flexicab Microbus dengan bodi ambulans dan bodi mobile PCR Lab.

Untuk PCR Lab dibangun Hino bersama dengan karoseri Gunung Mas, Madiun dan interior berstandar Kemenkes digarap Ambulance Pintar Indonesia. Sedangkan versi ambulans interiornya digarap karoseri AKMA.

Hino Flexicab turut dilengkapi dengan suspensi khusus bus, floating body mounting dan stabilizer depan mampu memberikan kenyamanan dan kestabilan bagi pengendara dan penumpang di dalamnya.

Bagi Hino, hadirnya pandemi dilihat sebagai titik transformasi yang signifikan. Mulai dari prosedur pengoperasian baru hingga ide–ide yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk kebutuhan kendaraan komersial selama pandemi ini.

"Inilah yang akhirnya kita cetuskan melalui kendaraan – kendaraan yang akan membantu dalam memerangi pandemi ini dan untuk Indonesia Bebas Covid-19,” kata Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) – Director HMSI.