Kaca Depan Kotor Tertutup Debu, Begini Cara Membersihkan Aman Dan Optimal

Kaca Depan Kotor Tertutup Debu, Begini Cara Membersihkan Aman Dan Optimal
Harus ada upaya tambahan supaya kotoran pada wiper tidak merusak permukaan kaca
 

Wiper merupakan peranti untuk membersihkan permukaan kaca kendaraan dari kotoran atau air yang menempel. Namun dalam kondisi tertutup lapisan debu tebal atau lumpur, tidak dibenarkan untuk langsung mengoperasikan wiper. Butiran debu yang nempel pada kaca akan ikut terseret karet wiper yang mengakibatkan goresan pada permukaan kaca.

“Sesekali waktu tidak akan jadi masalah, tapi kalau sudah berulang kali dilakukan, kaca akan tergores dan ada pada tingkat tertentu bekas goresan tidak bisa hilang alias kaca akan cacat,” terang Saiful, salah satu detailer freelance di bilangan Jakarta Selatan.

“Sebaiknya kaca dibersihkan secara manual dengan air bersih terlebih dulu hingga lapisan debu benar-benar hilang. Lalu keringkan dengan chamois atau kain halus bersih,” imbuh pria yang sudah menekuni bisnis ini selama lebih dari 20 tahun.

“Jika ingin benar-benar maksimal, campur air yang digunakan untuk membersihkan dengan sabun cuci piring, baru dikeringkan dengan kain bersih,” sambungnya. Setelah permukaan kaca bersih, jangan lupa untuk memastikan bilah wiper benar-benar bersih.