Lima Kota Eropa Uji Bus Otonom

Lima Kota Eropa Uji Bus Otonom
Tiga bus diujicobakan secara maraton di lima kota Eropa
 

Kendaraan otonom merupakan gambaran besar tentang teknologi otomotif di masa mendatang. Demikian juga dengan bus otonom yang dipastikan akan menjadi solusi masa depan transportasi umum yang aman dan juga ramah lingkungan.

Salah satu muncul dari benua Eropa, di mana jenis bus tanpa awak ini tengah menjalani pengujian lapangan di lima kota Eropa.

Tiga unit bus otonom dilibatkan dalam pengujian lapagan proyek FABULOS (Future Automated Bus Urban Level Operation System), dengan goal untuk mempercepat pengenalan jenis baru solusi jarak jauh otomatis di Eropa. 

Menurut thenextweb, ujicoba tengah berlangsung di Helsinki, Finlandia dan rencananya bulan ini akan diuji coba di Gjesdal, Norwegia dan Tallinn, Estonia. Namun hal tersebut tergantung pada kebijakan otoritas berkenaan dengan pembatasan yang berlaku sehubungan dengan wabah Covid-19.

Rencananya dua kota lainnya yakni Lamia, Yunani dan Helmond, Belanda akan mendapat giliran pada musim gugur nanti.

Masa pengujian di lapangan berlangsung 50 hari dan akan menilai tentang fungsionalitas, interoperabilitas ataupun keamanan armada.

Program bus pintar ini pertama kali diluncurkan pada bulan April di Helsinki, di mana ketiga armada ini melaju di sepanjang rute yang sudah ditentukan dengan berbagai kondisi lalu-lintas. Bus ini dioperasikan dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam.