London Punya Fleet Bus Tingkat Bebas Emisi Terbesar Di Eropa

London Punya Fleet Bus Tingkat Bebas Emisi Terbesar Di Eropa
Rencana ini merupakan salah satu target utama otoritas London untuk menekan kadar polusi udara.
 

London menyatakan akan bebas dari kendaraan bermesin bakar di tahun depan. Seperti dilansir Express.co.uk, aturan ini akan diberlakukan otoritas setempat pada musim semi 2020 mendatang.

Sebelumnya, untuk melayani zona khusus tersebut, otoritas London dengan bus tingkat khas London yang menggunakan tenaga listrik sebagai penggeraknya. Langkah ini sebenarnya sudah dimulai sejak musim gugur 2019 silam dengan mengoperasikan 200 unit bus setrum tersebut untuk dua trayek, termasuk melayani jalur khusus di jantung kota London.

Angka ini akan terus bertumbuh tahun depan, karena Transport for London (TfL) telah memberikan kontrak kepada operator untuk 78 bus double-deck listrik, yang akan mengangkut sekitar 18,5 juta penumpang melintasi ibukota itu setiap tahun.

Dikutip dari intelligenttransport.com, Walikota London, Sadiq Khan pun mengutaraka pernyataanna.  “Udara beracun London adalah krisis kesehatan yang memalukan yang menyebabkan kematian dini dan menghambat pertumbuhan paru-paru anak-anak. Hari ini, sebagai bagian dari pekerjaan kami untuk mengatasi emisi berbahaya yang kami hirup dan untuk membantu mengatasi keadaan darurat iklim, saya bangga mengumumkan dua rute pertama yang secara eksklusif akan menggunakan bus listrik bertingkat. ”

Dengan jumlah armada bus tersebut, saat ini London jadi kota dengan armada bus tingkat listrik terbesar di dunia. 200 unit bus listrik ini merupakan pintu gerbang utama pada rencana besar Inggris untuk menyediakan lebih dari 9 ribu unit bus bebas emisi yang ditargetkan hingga 2037.