Manggala Trans Bawa Bus Bermotif Tenun Ke Makassar

Manggala Trans Bawa Bus Bermotif Tenun Ke Makassar
Bus-bus asal Sulawesi dikenal dengan warna cerah dengan tampilan meriah dan sasis mewah. Namun perusahaan otobus asal Makassar, Manggala Trans mencoba sesuatu yang berbeda.
 

Bus Manggala Trans, masih mengandalkan sasis premium Mercedes-Benz O500R 1836, namun urusan penampilan, kedua bus baru mereka jauh berbeda dari sebelumnya. Karena menggunakan warna dasar hitam dan putih, tak seperti warna yang kerap dipakai di Sulawesi, warna-warna cerah seperti merah muda, kuning atau hijau.

Begitupun kelir pada livery-nya, menggunakan warna cokelat pada bus berwarna dasar putih, dan biru untuk versi warna dasar hitam. Motif livery juga unik pada bus bermesin 11.967 cc ini. Di depan, terlihat grafis kain tenun tradisional, yang bisa dikenali dengan mudah lewat motif serba kotaknya. Di panel belakang juga serupa, untuk kap mesin hingga kaca belakang menggunakan motif yang sama. Sedangkan di samping, tetap mempertahankan motif rumput dan elang sebagai ciri khas Manggala Trans.

Untuk pengerjaan bodi busnya, Manggala Trans memakai tipe Skylander dari karoseri New Armada, asal Magelang. Desainnya agresif dengan headlamp model teardrop dan pintu di bagian belakang. Sama seperti rata-rata bus antarkota di Sulawesi, kedua bus ini pun tak dilengkapi dengan toilet.

Manggala Trans sendiri saat ini memiliki trayek Makassar-Toraja dan Makassar-Mamuju dengan beberapa pilihan kelas.Tiket termurahnya Rp 140 ribu dan yang termahal Rp 260 ribu.