Market Share Isuzu Elf Naik di Tengah Pasar yang Lesu

Market Share Isuzu Elf Naik di Tengah Pasar yang Lesu
Di tengah kondisi pasar kendaraan niaga yang sedang lesu, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) masih membukukan capaian angka penjualan truk ringan (light duty) Isuzu Elf di Indonesia.
 

Paparan data terbaru yang diungkap manajemen IAMI di depan jurnalis di Jakarta, Kamis (10/11/2016) menyebutkan, pangsa pasar Isuzu Elf naik menjadi sekitar 18,2 persen, dari posisi market share Elf tahun 2015 lalu yang sebesar 17 persen. "Di bulan Oktober, market share Elf sekitar 19,5-20 persen," kata Keiji Takeda, President Director PT IAMI.

Medium Duty Turun

Namun IAMI tak mampu menahan penurunan penjualan truk medium duty yang merupakan 'kakak kelas'-nya Isuzu Elf.

Di segmen ini, IAMI mengandalkan truk Isuzu Giga. Pangsa pasar Giga saat ini merosot menjadi sekitar 11,5 persen. Tahun 2015 lalu, market share Giga masih bertengger di posisi 15-16 persen.

Tentu saja, penurunan ini terjadi antara lain karena makin banyaknya produk kompetitor yang masuk di segmen ini. Berdasar catatan kami, truk segmen medium duty di Indonesia saat ini dikuasai truk New Ranger dari Hino.

Soal volume penjualan, Keiji Takeda memproyeksikan, Isuzu bisa menjual kendaraan sebanyak 16.000 unit di semua segmen yang mereka garap, termasuk segmen kendaraan niaga ringan atau LCV.

"Target riil kami di segmen commercial vehicle sekitar 12.000 unit dan di segmen light commercial vehicle 4.000 unit. Jadi totalnya 16.000 unit," ungkap Keiji Takeda.