Mengenal Electrohydraulic Servotwin Steering Yang Digunakan Arocs Dan Actros

Mengenal Electrohydraulic Servotwin Steering Yang Digunakan Arocs Dan Actros
Sistem ini menggabungkan power steering hidraulis dan elektris sehingga putaran kemudi menjadi ringan dan juga lebih hemat bahan bakar.
 

Kemudi atau setir, merupakan peranti yang sangat erat hubungannya dengan pengemudi. Namun, karena komponen yang digunakan pada kendaraan komersial besar dan berat, ditambah beban yang diangkut juga berat, putaran kemudi pun tidak ringan.

Di sanalah pengemudi butuh bantuan untuk memutar kemudi. Perangkat bernama power steering, menjadi sarana yang digunakan untuk meringankan putaran kemudi.

Bosch, menemukan perangkat power steering yang dianggap lebih cocok untuk kendaraan komersial. Yaitu EHPS (Electrohydraulic Power Steering) atau yang dinamakan Electrohydraulic Servotwin Steering untuk produk yang digunakan truk Mercedes-Benz Actros dan Arocs.

Seperti dilansir dari bosch-mobility-solution.com, secara garis besar, perangkat ini merupakan sistem kemudi elektro-hidraulis Servotwin® untuk pengendaraan otomatis terdiri dari sistem power steering ball-and-nut RB-Servocom® dengan kombinasi motor listrik dengan unit kontrol dan worm gear.

Motor listrik dan worm gear itu, akan membantu meringankan putaran kemudi yang juga diatur oleh ECU, berdasarkan data dari sensor kecepatan kendaraan, sudut setir dan beban yang diterima perangkat kemudi. Sehingga ‘bantuan’ tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai kondisi jalan.

Hal yang menjadi istimewa, perangkat ini bisa dihubungkan dengan perangkat elektronik lain yang ke depannya bisa diaplikasikan pada sistem yang lebih canggih, seperti kemudi otonom dan fitur-fitur lain semisal Lane Keeping Assist, Side Wind Compensation maupun Parking Assist.