Mengenal Proterra Inc, Pelopor Bus Listrik Amerika Serikat

Mengenal Proterra Inc, Pelopor Bus Listrik Amerika Serikat
Era kendaraan listrik memang tergolong baru, namun sudah ada perusahaan pembuat bus listrik yang cukup banyak di Amerika Serikat. Proterra sudah berhasli menjual 400 unit bus di 20 negara bagian.
 

Era kendaraan listrik merambah pada dunia kendaraan transportasi massal seperti bus. Di Indonesia langkah ini sudah dimulai pada 2019 ini, salah satunya dengan PT Mobil Anak Bangsa yang telah menyerahkan unit bus listrik ke salah satu pabrikan yang bekerja dalam dunia energi.

Namun ketika menyeberang Samudra Atlantik sana, ada pabrikan bus listrik Proterra inc yang bisa dikatakan sebagai pelopor industri bus listrik di Amerika Serikat. Markas pabrik bus tersebut di California Amerika Serikat dan sudah mengawali pembuatan bus listrik pada 2008 silam dengan EcoRide BE35 Proterra.

Hanya saja nama Proterra baru berkibar kencang pada 2010, ketika produk busnya dipercaya publik di Amerika, salah satunya Foothill Transit yang melakukan pemesanan sebanyak 31 unit.

Selanjutnya pada 2014, Proterra Inc memperkenalkan produk baru, yakni Proterra Catalyst yang punya badan lebih besar dan pengisian baterainya hanya dalam waktu singkat. Kehadiran bus ini semakin memperkuat kiprah dan nama Proterra yang dampaknya dirasakan hingga saat ini.

Berdasarkan data, pada 2017 silam, Proterra tercatat telah menjual sebanyak 400 unit bus berbagai tipe dan model. Bus ini terjual di 20 negara bagian dan lebih dari 40 klien.

Proterra EcoRide BE 35