Multi Information Display (MID) Perangkat ‘Ngobrol’ Dari Dunia Reli

 Multi Information Display (MID) Perangkat ‘Ngobrol’ Dari Dunia Reli
Dengan adanya MID, pengemudi bisa mengetahui berbagai informasi vital mengenai kondisi kendaraannya
 

Salah satu hal yang membuat sebuah kendaraan modern bisa 'ngobrol’ dengan penggunanya ,adalah kehadiran Multi Information Display (MID). Melalui unit ini kita tak hanya mengetahui sisa bahan bakar yang ada dalam tangki, namun juga jarak tempuh yang tersisa, temperatur luar, bahkan ada beberapa kendaraan yang mampu memberikan informasi tekanan angin pada ban melalui unit MID ini.

Pada kondisi sekarang, MID tak hanya milik kendaraan mewah saja, namun juga digunakan pada kendaraan komersial baik itu bus maupun truk. Namun tahukah bahwa cikal bakal MID hadir dari ajang reli?

Semuanya tak lepas dari aksesoris reli yang digunakan pada tahun 50-an yang dibuatkan oleh Halda Speedpilot. Perangkat bikinan produsen asal Swedia ini, sepenuhnya merupakan perangkat mekanikal yang mengkombinasikan kecepatan dan jarak tempuh tiap menitnya. Halda Speedpilot digunakan pertama kali di Saab GT750 lansiran tahun 1958.

Halda Speedpilot 

Sebenarnya Fiat terlebih dulu menggunakan perangkat seperti ini pada tahun 1952 yang dipasangkan pada sebagai tambahan untuk mobil reli, Fiat 1900. Tetapi alat yang disebut Fiat sebagai Mediosport ini, hanya menunjukkan kecepatan rata-rata.

Perkembangan selanjutnya muncul dari General Motors yang menyuguhkan alat lebih kompleks untuk memberikan informasi pemakaian rata-rata bahan bakar, hingga jarak yang bisa ditempuh dengan sisa bahan bakar dalam tangki. Fitur ini dijejalkan sebagai opsional pada varian tertinggi Cadillac Seville di tahun 1978. Mereka menyebutnya sebagai Cadillac Trip Computer yang  mengunakan tampilan digital. Seville merupakan mobil Amerika pertama atau bahkan mobil produk massal pertama di dunia yang menggunakan perangkat tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan, MID pun mengikuti perkembangan seperti yang kita jumpai pada kendaraan zaman sekarang. Bahkan MID tak hanya ada pada kendaraan mewah saja.