One Piece Tilt Bonnet Truck, Fungsi Yang Menyumbang Gaya

One Piece Tilt Bonnet Truck, Fungsi Yang Menyumbang Gaya
Sistem ini memungkinkan mekanik untuk mengakses ruang mesin secara lebih leluasa
 

Mungkin truk dengan posisi mesin di bagian depan atau biasa disebut dengan normal control (NC) bukan hal yang jamak ditemukan di Indonesia. Namun beda halnya dengan Amerika Serikat dan Australia.

Satu hal yang menjadi ciri dari truk NC modern adalah kap mesinnya yang dibuka menghadap ke depan dan menggunakan fiberglass sebagai bahan utamanya. Yang unik dari kap mesin ini adalah desain yang hanya terdiri dari satu bagian termasuk sepatbor, terangkat semuanya saat kap mesin dibuka.

Keren bukan? Tetapi perlu diingat bahwa tujuan utama penggunaan model kap mesin ini bukan difokuskan pada gaya, melainkan pada fungsi dan keringkasan untuk mengakses ruang mesin. Kira-kira konsepnya sama dengan truk COE (cabin over engine) yang dilengkapi dengan tilt cabin, sehingga memudahkan dalam perawatan dan perbaikan.

Bahkan lebih ekstrem lagi, model one piece tilt bonnet ini dapat dilepas secara utuh sehingga proses perbaikan ataupun penggantian komponen mesin tambah mudah.

Menurut penelusuran, truk pertama yang menggunakan model bonnet seperti ini adalah Kenworth pada tahun 60-an. Kemudian karena kepraktisannya ramai-ramai diikuti oleh pabrikan truk lainnya dan masih digunakan sampai saat ini.

Bahkan diikuti tidak hanya pabrikan truk asal AS saja namun juga merek lain seperti Volvo dan juga Hino.

Keren dan fungsional…